Tanya Dokter

  • sering kejang di bagian tubuh sebelah kanan

  •  Inna A
    Anggota
    Umur saya 24th. Sudah hampir 2 tahun belakangan ini saya terkadang mengalami kejang sebelah kanan dari leher sampai perut, bergerak sendiri dari pelan hingga cepat selama 3-5 menit. Jika sudah mulai ingin kejang sudah ada rasa tidak enak pada tubuh saya. Kadang saya suka kesulitan untuk bicara tapi saya tau apa yg ingin saya katakan di kepala tapi tiba2 lupa kata2 yg saya harus ucapkan itu apa dan linglung sendiri. Kadang saya lupa dan tidak tahu saya dimana dan hanya terus jalan sesuai ingatan penglihatan saya. Saya bingung saya dari mana mau kemana dan harus apa. Sebelumnya saya pernah sakit kelenjar TB, kena ke paru-paru dan perut. Sekarang saya sudah sembuh dari TB tapi benjolan di leher kadang masih timbul jika kondisi tubuh saya kurang baik. Apa sakit saya sebelumnya berpengaruh dengan kejang saya? Dan kejang saya di karenakan apa? Terima kasih

    Hallo Inna

    Kejang merupakan hal yang kompleks, karena kejang bisa diakibatkan oleh adanya masalah pada sistem saraf (otak), keseimbangan elektrolit, cedera otak/kepala, infeksi otak (meningitis), stroke, penggunakan narkotika seperti heroin dan kokain, gejala putus obat dari narkotika dan alkohol, penggunaan obat (biasanya obat golongan psikotik dan asma), hingga tumor otak.

    Maka itu diperlukan pemeriksaan secara langsung terhadap diri Anda oleh dokter ahli saraf, untuk melakukan wawancara medis dan juga pemeriksaan status neurologis (pemeriksaan fungsi saraf), bahkan beberapa pemeriksaan seperti test darah keseimbangan elektrolit, CT-Scan, MRI, dan EEG mungkin saja diperlukan untuk menentukan kondisi pasti dari penyebab kejang yang dialami.

    Belum bisa diketahui pasti apakah ada hubungan Antara TB kelenjar dan pengobatannya dengan kondisi kejang yang Anda alami saat ini, begitu juga dengan sumber penyebab kejang yang Anda alami, maka itu diharapkan untuk memeriksakan diri ke dokter ahli saraf.

    Demikian informasi yang dapat disampakain

    dr. Arnold