Tanya Dokter

  • Apakah kejang demam dapat berulang dalam 24 jam?

  • Slamat malam dokter..sy mau tanya apakah kejang demam bisa terjadi 2 kali dalam waktu 1×24 jam...trima kasih
    Ayue Yoes Lestary Hidayattullah  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Kejang demam merupakan suatu keadaan yang cukup sering terjadi pada bayi hingga anak anak. Pada umumnya kejang demam dapat terjadi antara usia 6 bulan hingga 5 tahun. Selain itu kejang demam di dahului oleh demam, dan kejang yang terjadi bukan disebabkan karena suatu kelainan pada otak.

    kejang demam terdiri dari kejang demam sederhana dan kejang demam kompleks. Kejang demam dapat saja terjadi 2 kali dalam waktu 1x24 jam, dan hal tersebut biasanya termasuk ke dalam kejang demam kompleks. Frekuensi kejang demam pada kejang demam kompleks lebih dari 1 kali dalam 24 jam, kejang berlangsung lebih dari 10 menit, dan kejang dapat bersifat sebagian /fokal. 

    Penyebab kejang demam dapat terdiri dari berbagai macam keadaan. Semua penyakit yang menyebabkan demam dapat menyebabkan terjadinya kejang demam, seperti misalnya: infeksi saluran pernafasan, tifus, demam berdarah. 

    Oleh karena itu, jika anak anda mengalami kejang ketika demam,maka sebaiknya segera bawa anak anda ke fasilitas kesehatan terdekat agar dapat mendapat pertolongan medis segera. Selain itu, jika  mengalami kejang demam kompleks, mungkin diperlukan pengobatan pencegahan selama jangka waktu tertentu oleh dokter spesialis anak.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Kejang demam

    semoga bermanfaat, terimakasih

    dr. Danny