Tanya Dokter

  • Mengatasi kejang demam pada anak

  •  Udha Hairil
    Anggota
    Pagi dok. Anak saya usia 1 tahun 6 bulan dan sudah 3 kali terkena kejang demam...ada resiko yang mungkin di timbulkan nggak dok? Terus cara mengatasinya bagaimana?

    Hallo
    Terima kasih sudah bertanya pada Alodokter
    Sebelumnya perlu diketahui bahwa penyakit kejang demam merupakan kejang yang dicetuskan oleh demam (suhu tubuh >38 derajat celcius) dan tidak disebabkan oleh gangguan pada saraf pusat. Kejang demam biasa terjadi pada anak usia 6 bulan sampai 5 tahun. Terdapat dua jenis kejang demam yaitu

    ·         Kejang demam sederhana yaitu kejang terjadi pada seluruh tubuh, berlangsung krang dari 15 menit dan tidak berulang dalam waktu 24 jam.

    ·         Kejang demam kompleks adalah kejang berlangsung > 15 menit, terjadi pada sebagian anggota tubuh, atau berulang lebih dari satu kali dalam 24 jam.

    Kejang demam sering kali dianggap sebagai penyakit utama, padahal sebenarnya kejang demam terjadi akibat suatu pencetus seperti adanya infeksi tenggorokan atau telinga yang menyebabkan badan anak menjadi panas. Hal ini perlu diwaspadai apabila terjadi terus berulang, karena dapat menyebabkan gangguan proses berkembang dan berpikir sang anak. Sehingga untuk mengatasinya tentu mencegah anak mengalami demam tinggi. Beberapa tips untuk Anda:

    ·         Jaga pola makan anak dengan sehat dan bergizi.

    ·         Ajak anak untuk tetap beraktivitas

    ·         Jangan mengajak anak ke tempat yang berisiko terinfeksi penyakit seperti rumah sakit

    ·         Cepat mengunjungi dokter apabila anak mulai mengalami demam

     

    Semoga bermanfaat
    Salam, dr. Satya Sueningrat