Tanya Dokter

  • Penyebab kejang tiba-tiba

  •  Lius Manurung
    Anggota
    Selamat malam dok. Mohon pencerahan nya dokter Kmarij anak saya demam Lalu saya belikan penurun panas TERMOREX dan madu. Lalu esok nya sembuh namun tiba tiba dok anak saya mengalami kejang sekitar 10 detik. Saya pikir itu stepp . Lalu berlanjut ke esokan nya dok hingga malam ini hari ke 3 Anak saya mau kejang tiba tiba dok terkadang jam 2 pagi dan paling banyak itu mulai sore hingga pagi hari. Tetapi di pagi hari sampe siang jarang sekali, paling sekali sekali Dan dia nampak ceria . Namun asal sudah mulai maghrib lalu anak saya mulai gelisah dan kejang kejang namun makin hari makin lama durasi kejang nya Mohon pencerahan nya dokter 😢😭😭
    Lius Manurung  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Lius,

    Kejang adalah kondisi otot berkontraksi (menegang) secara tidak terkendali. Kejang merupakan kondisi yang harus mendapat penanganan medis karena berpotensi menimbulkan berbagai komplikasi yang dapat sangat berbahaya bahkan mengancam nyawa. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kejang :

    • Demam yang terlalu tinggi (umumnya diatas 39 derajat celsius), kondisi ini disebut sebagai kejang demam
    • Gangguan keseimbangan elektrolit
    • Epilepsi atau ayan
    • Gangguan fungsi tiroid
    • Tumor otak
    • dsb
    • Dikarenakan anak Anda mengalami kejang beberapa kali maka sebaiknya Anda segera memeriksakan anak Anda kedokter spesialis anak agar mendapat penanganan lebih lanjut.

      Dokter akan menanyakan riwayat keluhan anak Anda, riwayat penyakit keluarga dan melakukan pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang. Adapun pemeriksaan penunjang yang dapat dianjurkan oleh dokter adalah pemeriksaan darah, elektrolit, rekam aktifitas kelistrikan otak (elektroensefalografi/EEG), CT-Scan, dsb.

      Penanganan yang diberikan dokter akan disesuaikan dengan kondisi yang mendasari keluhan anak Anda sehingga sangat penting untuk melakukan berbagai pemeriksaan tersebut bila memang dianjurkan oleh dokter Anda. Tanyakanlah hal yang belum jelas dengan dokter agar mendapat informasi yang sesuai dengan kondisi yang dialami anak Anda sehingga Anda dan dokter dapat memutuskan langkah penanganan yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda.

      Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Kejang

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono