Tanya Dokter

  • Kejang disertai leher dan punggung kaku pada bayi

  • Selamat malam tim dokter dari alodokter. Anak sya baru usia 40 hari. 2 hari kemarin pd waktu pagi dan sore hari anak sya tiba2 seperti kejang disertai gejala spt leher dan punggung kaku/keras, mata ketengah dua2nya dan tidak ada reaksi ketika dipanggil atau disentuh. Hal tsb terjadi dlm durasi krg lbh 3 menitan. Jika boleh tau itu gejala apa ya dok, dan bgm kira2 penanganannya.

    Salam,

    Adanya gejala kejang dan kaku pada leher dan tulang belakang bayi perlu dilakukan pemeriksaan dan evaluasi secara langsung ke dokter spesialis anak. Kondisi ini dapat beresiko dan memerlukan penanganan sedini mungkin. Bila saat ini bayi Anda mengalami keluhan demam atau keluhan gangguan pernafasan, maka kondisi ini dapat memicu adanya peradangan pada selaput otak juga. 

    Beberapa kondisi di bawah ini dapat memicu keluhan ini, seperti:

    1. epilepsi

    2.meningitis atau radang selaput otak

    3. kejang demam

    4. ganguan keseimbangan cairan atau dehidrasi

    5. riwayat trauma lahir

    Dan semua kemungkinan ini, mempunyai resiko masing-masing.

    Dengan demikian, pemeriksaan langsung ke dokter anak menjadi langkah penting untuk evaluasi dan mengetahui penyebab kondisi ini. Pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, CT scan atau pemeriksaan radiologis dapat membantu menentukan penyebab keluhan ini.

    Penatalaksanaan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah tetap berikan ASI secara optimal untuk mendukung kebutuhan cairan tubuh. Dan evaluasi secara seksama keluhan dan perubahan tubuh bayi Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi