Tanya Dokter

  • Kejang pada anak

  •  Yulia herman
    Anggota

    Sore dok,,

    Kemarin anak saya mengalami kejang tiba2 dan krn panik akhirnya di rawat,

    Bagaimana menentukan kejang tersebut apakah "step biasa" atau tanda penyakit epilepsi...

    Mohon pencerahannya dok..

    Hai Yulia Kejang merupakan gejala dari penyakit tertentu. Beberapa penyebab kejang yang sering, antara lain:

    • Demam. Disebut dengan kejang demam. Pada usia antara 6 bulan- 5 tahun, pada beberapa anak bila panas tinggi dapat disertai dengan kejang dengan durasi kurang dari 5 menit. Ini biasanya tidak berbahaya asalkan dilakukan penanganan segera saat kejang. Berikut informasinya: Tetap tenang menangani kejang demam pada anak.
    • Epilepsi. Kejang biasanya berulang tanpa sebab yang jelas. Tidak disertai dengan demam. Jenis dan penyebab kejang pun sangat beragam. Informasi lengkap dapat Anda baca pada artikel berikut: Penyebab epilepsi.
    • Gangguan pada struktur otak, misal akibat infeksi, cedera kepala, dan lainnya.
    • Obat-obatan tertentu.
    Untuk menentukan penyebab kejang diperlukan informasi lebih lengkap mengenai gejala kejang tersebut, serta pemeriksaan fisik langsung. Selain itu dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, pungsi lumbal (pemeriksaan cairan sumsum tulang belakang), rekam gelombang otak (elektroensefalogram/EEG), CT scan, MRI, dsb. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Kejang, penyebab serta penanganannya. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william