Tanya Dokter

  • Kejang pada bayi usia kurang dari 6 bulan

  •  Yeni Nisma
    Anggota
    Assamualaikum dok. Saya mau tanya. Sudah 2x saya perhatikan anak saya (5bulan) disaat dia sedang mimik susu(pakedot) dia tiba" seperti kejang gitu, tp durasinya hanya beberapa detik. Itu kenapa ya dok? Dl sewaktu persalinan dia di vacum dok. Sempat kekurangan oksigen waktu di dlm kandungan.apa ada pengaruh waktu persalinan dok? Trimakasih dok

    Halo Bunda Yeni, saya memahami kekhawatiran Anda. 

    Pertama yang perlu Anda perhatikan dari kondisi bayi Anda adalah jenis kejang yang terjadi dan berapa lama durasinya. Bila kejang yang Anda maksud menyerupai respon kaget/ sentakan sesaat, kemungkinan tergolong kondisi normal, yang merupakan bagian dari refleks primitif bayi, disebut "refleks Moro".

    Refleks Moro biasanya dicetuskan oleh suara keras, perubahan posisi atau gerakan yang tiba-tiba, dan saat memindahkan bayi dari gendongan ke tempat tidur (menyerupai sensasi jatuh). Namun, terkadang refleks ini bisa muncul tanpa pencetus yang jelas. Dengan demikian, keberadaan refleks ini menandakan bahwa gerakan motorik dan pendengaran berfungsi dengan baik.

    Normalnya, refleks Moro akan menghilang setelah usia 4-5 bulan. Bila kondisi ini terus berlangsung melewati jangka waktu tersebut atau Anda merasa khawatir ingin memastikan penyebabnya secara jelas (terutama terkait kondisi dalam kehamilan ataupun prosedur persalinannya), sebaiknya Anda berkonsultasilah secara langsung dengan dokter spesialis anak. Dokter akan melakukan rangkaian pemeriksaan fisik dan/atau penunjang guna memastikan hal ini.

    Selama di rumah, berikut beberapa tips agar refleks Moro tidak terjadi terlalu sering pada bayi:

    -saat memindahkan bayi ke tempat tidur, lakukan secara perlahan dengan mendekatkan tubuh Anda terlebih dahulu agar bayi tidak merasa akan jatuh

    -agar menghindari gerakan yang tiba-tiba, Anda bisa menyusui sambil berbaring

    -hindari menimbulkan suara keras yang mungkin mengagetkan bayi

    Silahkan baca artikel terkait di tautan berikut ini :

    http://www.alodokter.com/bayi-baru-lahir-mampu-mengecap-membau-dan-mengecap

    Demikian, semoga bermanfaat

    dr.Lili