Tanya Dokter

  • Solusia atasi kejang pada usia dewasa

  • Dok ,saya mau bertanya. Saya sering sekali kedua tangan seperti yg kejang namun bagian tubuh lain nya tidak apa" hanya bagian tangan saja ,dan kadang sampai tidak sadarkan diri dan pada saat kejang totalnya tidak mengeluarkan busa dok ,saya sudah CT scan dua kali dan hasil nya tidak ada gangguan saraf dok ,riwayat penyakit tidak punya dan turunan pun tidak...untuk cara mengatasinya bagaimana dok?

    Halo Rizky.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa Kejang atau konvulsi merupakan suatu keadaan dimana terjadinya otot tubuh berkontraksi dan relaksasi secara cepat dan juga berulang. kejang sendiri terjadi ketika sinyal dari otak mengalami gangguan atau terjadi keabnormalan.

    Setiap orang yang mengalami kejang dapat timbul gejala yang berbeda - beda, diantaranya adalah : kehilangan kesadaran dan merasa bingung ketika sadar dan tidak ingat apa yang terjadi, perubahan pada gerakan bola mata, mengiler atau mulut yang berbusa, perubahan suasana hati, gemetaran di bagian tubuh tertentu atau seluruh tubuh, kejang otot === timbul gerakan ritmis pada lengan dan kaki, dll.

    Penyebab utama kejang pada orang dewasa paling banyak karena epilepsi, akan tetapi selain dari hal tersebut, kejang juga dapat disebabkan oleh karena : cedera pada kepala, pengaruh penyakit medis tertentu ( misal : demam, gula darah yang rendah di dalam tubuh, stroke, meningitis, dll. ), pengaruh obat - obatan tertentu ( misal : tramadol, baclofen, dll. ), racun binatang ( misal : ular, dll. ). AKan tetapi ada juga kejang yang terjadi tanpa akibat yang jelas === disebut kejang idiopatik.

    Pada dasarnya cara untuk mengetasi kejang adalah dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab pasti yang menimbulkan hal ini. Cobalah untuk kembali mendiskusikan masalah ini dengan Dokter Spesialis Neurologi / Saraf sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ( misal : MRI, Electroencephalogram ( EEG ), dll. ). Sehingga segala sesuatunya terang dan jelas.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    EPILEPSI

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati