Tanya Dokter

  • kejang saat batuk

  •  Dandy Juwardi
    Anggota

    Alodokter, saya mengalami penyakit paru kanan, dan akan dirujuk ke salah 1 RS di Jakarta. Tertulis di surat rujukan, saya di diagnosa : Maligant Neoplasm, main Bronchus - c340 (saya juga tidak terlalu paham)

    yang mau saya tanyakan kenapa setiap saya batuk saya selalu kejang-kejang dan pandangan kabur selama beberapa detik? apakah yg jadi penyebabnya Dok?

    Terima kasih. :)

    Halo,   Kejang merupakan hasil dari lompatan aktivitas listrik di otak yang terganggu. Umumnya bisa dipengaruhi akibat :

    1. Gangguan elektrolit berat
    2. Demam tinggi pada bayi
    3. Riwayat epilepsi
    4. Trauma otak
    5. Infeksi otak
    6. Efek obat tertentu
    7. Stroke
    8. Tergigit ular
    9. Tetanus
    10. Rabies
    11. dll.
    Untuk mengetahui alasan kejang Anda yang timbul saat batuk maka pemeriksaan secara menyeluruh kondisi Anda perlu dilakukan. Apakah batuk memang berhubungan dengan kejang Anda atau merupakan dua gejala yang Anda alami akibat penyakit yang Anda derita. Maka dari itu segera periksakan diri Anda ke dokter rujukan sesuai dengan permintaan dokter yang memeriksa Anda karena dokter yang memeriksa Andalah yang paling memahami mengenai kondisi kesehatan Anda. Diagnosa pada surat rujukan yang dibuat merupakan gambaran dari kondisi Anda berdasar hasil pemeriksaan awal, untuk kepastian diagnosa akan dibutuhkan keahlian dokter paru khusus untuk menangani dan memeriksa Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi