Tanya Dokter

  • Mengatasi kejang demam pada anak

  • Assalamualaikum dok Waktu adik saya berumur 7 smpai 1 tahun, mengalami kejang- kejang saat suhu panas nya mencapai 39° dan berselang 2 tahun adik saya sudah tidak stip lg, tapi waktu adik saya berumur 4 tahun,pada saat itu adik saya sedang demam dan saat itu jga adik saya mengalami kejang kejang lg... Saya pernah mendengar kta orang klo ketika anak kecil pernah mengalami kejang maka kejadian itu bisa dialaminya sampai anak itu berusia 6 tahun?? Apakah benar ya dok? Trus apa kejang dengan stip itu sma?

    Halo Dwi......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, kejang demam merupakan suatu kondisi yang terjadi diduga oleh karena kenaikan drastis pada temperatur tubuh yang biasanya disebabkan oleh karena infeksi dan merupakan respon khusus dari otak terhadap demam yang biasanya terjadi di hari pertama demam.

    Pada umumnya anak yang mengalami kejang demam menimbulkan kondisi diantaranya : hilang kesadaran dan berkeringat, tangan dan kakinya mengejang, demam tinggi, terkadang keluar busa dari mulut atau muntah, maka terkadang juga akan terbalik, setelah demam anak akan terlihat mengantuk dan tertidur.

    Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar kejang demam di alami bayi usia 6 bulan hingga anak umur 5 tahun.  Kejang demam jarang dimulai pada anak di bawah 6 bulan ataupun setelah 3 tahun. Oleh karena itu, kejang demam biasanya tidak ditemukan pada anak yang berusia 5 tahun ke atas.

    Sebagian besar kasus kejang demam tidak memiliki dampak jangka panjang. Kejang demam sederhana tidak akan menyebabkan kerusakan otak, kesulitan belajar, ataupun gangguan mental. Selain itu, kejang demam juga tidak menjadi indikasi penyakit Epilepsi.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KEJANG DEMAM

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati