Tanya Dokter

  • Penyebab payudara kecil dan menstruasi tidak lancar pada remaja

  •  rara zz
    Anggota
    Halo dokter. Namaku rara umurku 16 th. Aku mau tanya, kenapa payudaraku semakin mengecil, begitu juga dengan pinggul, dari tahun ke tahun semakin kecil, begitu juga dengan menstruasi dari bulan ke bulan waktunya semakin singkat seperti hanya 4 hari. Payudaraku benar” tidak tumbuh sama sekali dok sekarang, rata. Apa hal ini harus diwaspadai? Terima kasih

    Salam,

    Pada wanita usia remaja, pengaruh hormonal kewanitaan dapat mempengaruhi pertumbuhan seks sekunder, seperti pertumbuhan payudara, pertumbuhan rambut ketiak dan di kemaluan, bentuk tubuh, serta siklus haid. Adanya gangguan keseimbangan hormon akan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan seks sekunder, dalam hal ini payudara. Usia 11 tahun atau saat siklus menstruasi di mulai, respon pertumbuhan payudara akan terjadi sampai usia sekitar 18 tahun. 

    Pertumbuhan payudara yang rata dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti:

    1. ketidak simbangan gizi sehat

    2. kurangnya kebutuhan vitamin

    3. genetik

    4. gangguan hormon kewanitaan

    5. kebiasaan hidup sehat, seperti kurang olah raga

    Dengan demikian, perlu kiranya kita mengevaluasi resiko yang ada, seperti intake makanan bergizi yang kita konsumsi. Bagaimana kesimbangan protein, vitamin, sayur, buah yang kita konsumsi untuk mendukung sistem hormon kewanitaan kita.

    Selain itu, besar kecil payudara juga bersifat relatif, bila memang payudara kita tumbuh namun bila dibandingkan dengan remaja lain ukurannya lebih kecil, maka kondisi ini juga dapat merupakan suatu variasi individu atau kekhas an yang dimiliki seseorang. Sehingga  perkembangan payudara yang Anda alami juga dapat masih dalam batas wajar.

    Sedangkan masa haid yang berlangsung selama 4 hari juga dalam batas normal. Sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

    Namun untuk memastikan semua ini, perlu kiranya dilakukan pemeriksaan dan evalausi terhadap sistem tubuh Anda serta hormon kewanitaan. Konsulkan ke dokter kandungan Anda  untuk pemeriksaan secara umum keluhan Anda. Dokter akan memastikan keluhan yang Anda alami merupakan suatu kondisi yang wajar atau karena kondisi lain yang mempengaruhi.

    Penatalaksanaan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan. Dengan usia 17 tahun, menurut hemat kami, ini waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga diskusi.

    dr. Ulfi