Tanya Dokter

  • Penyebab mati rasa pada langit-langit mulut

  •  faresd
    Anggota

    halo dok saya ingin bertanya

     

    apakah tidak merasa geli saat lidah menyentuh langit mulut itu bisa disebut langit langit mulut kita mati rasa? dan apakah mati rasa yang seperti itu yg dimaksud mati rasa akibat kekurangan vutamin b12?

     

    mohon penjelasannya dok, karena langit mulut saya tidak geli beberapa hari ini, benar benar tidak merasa geli padahal beberapa hari sebelum ini saya aga sering menyentuhnya dan masih merasa sensasi geli, dan terahir sebelum sperti ini merasa geli sekali

    terima kasih

    Halo Faresd,

    Terimakasih atas pertanyaanya di Alodokter. Vitamin B12 atau cobalamin merupakan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin B12 merupakan vitamin yang berfungsi mengatur sistem saraf. Vitamin ini juga berfungsi dalam pertumbuhan dan pembentukan sel darah merah. Vitamin ini banyak pada makanan mengandung daging dan olahan susu.

    Sedangkan gejala kekurangan vitamin B12 antara lain  dapat menyebabkan anemia dan kepikunan pada orang tua. Selain itu masalah psikologis seperti demensia, paranoia, depresi, dan masalah perilaku lainnya juga bahkan kerusakan saraf kadang-kadang tidak dapat dikembalikan. Gejala yang ditimbulkan apabila Anda kekurangan vitamin B12 adalah kesemutan di kaki dan tangan, kelelahan ekstrim, lesu, mudah marah, atau depresi.

    Sedangkan mati rasa pada langit-langit mulut dapat disebabkan karena:

      • Terbiasa oleh rangsangan tersebut, sistem otak mempunyai kemampuan adaptasi, misalnya saja rina suka sekali bermain-main lidah dengan menyentuh langi-langit mulut, karena hal ini sering dilakuakn akhirnya lama-kelamaan akan menjadi suatu kebiasaan sehingga rangsangan geli itu perlahan menghilang karena terbiasa.
      • Adanya gangguan sistem saraf
      • Adanya penyakit pada rongga mulut, misalnya akibat jamur candida, yang biasanya akan membentuk suatu lapisan pada lidah dan dinding rongga mulut
      • Adanya rasa sakit di anggota tubuh lainnya, sehingga otak lebih terfokus terhadap sakit tersebut dari pada rangsangan di langi-langit mulut tersebut
      • dan kemungkinan lainnya

      Untuk memastikannya Anda dapat berkonsultasi dengan dokter langsung agar dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

      salam,

      dr. yuniar