Tanya Dokter

  • Belum ada tanda-tanda akan melahirkan

  •  Wera Ocvianti
    Anggota

    Dok saya mau tanya, saya udah hamil uk 40w4d,,, kenapa belum juga ada tanda akan lahiran dok? Hanya sering nyeri di miss v, selangkangan sakit bgt apa lagi saat pindah posisi tidur. Apakah ini berbahaya dok?

    Wera Ocvianti  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Ibu Wera, Usia kehamilan yang normal untuk melahirkan adalah antara 37-42 minggu. Diatas 42 minggu disebut kehamilan lewat bulan / serotinus. hal ini dapat berbahaya karena setelah lebih dari 42 minggu, plasenta/ari-ari sudah tidak lagi mampu mencukupi kebutuhan janin sehingga dapat terjadi penurunan berat badan janin di dalam kandungan dan bayi lahir dalam kondisi yang tidak baik/asfiksia, bahkan dapat terjadi gawat janin / kematian di dalam kandungan. Walaupun batasannya 42 minggu, disarankan agar jika begitu memasuki usia kehamilan 41 minggu belum ada tanda-tanda persalinan maka sebaiknya menemui dokter untuk mendiskusikan upaya labih lanjut yang akan ditempuh karena seringkali jika menunggu sampai betul-betul 42 minggu kondisi janin sudah tidak begitu baik. Dengan demikian, saya menyarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter kandungan anda jika usia kehamilan sudah memasuki 41 minggu. Disana biasanya anda akan diperiksa, termasuk USG dan pemeriksaan terhadap kesejahteraan janin, sehingga nantinya dapat diputuskan apakah akan mengakhiri kehamilan (misal dengan induksi ataupun bedah caesar) atau menunggu beberapa hari lagi (tetapi tidak sampai 42 minggu). Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

    Wera Ocvianti  dr. Rico N
    Dokter

    Sebagai tambahan, rasa nyeri di selangkangan yang dirasakan pada minggu-minggu akhir kehamilan seringkali diakibatkan karena kepala bayi yang mlai turun masuk ke dalam panggul dan merupakan hal yang normal dialami pada akhir masa kehamilan. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.