Tanya Dokter

  • rusuk suka sakit kalau duduk degan kaki menggantung

  •  Puspa Ae
    Anggota

    Dok sy mo nanya,sya klo mnum yg terlalu tajem baunya spt kopi,kok klo kncing baunya jg spt kopi gt,knp y dok,pa da mslh ma gnjal sy trs klo duduk lma dg posisi kaki nangkring suka nyesek rusuk sblh kiri.mhon bntuan y dok.mksh

    Hai, Air seni / urin kita merupakan hasil pembuangan hasil zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh beserta dengan kelebihan cairan yang disaring oleh ginjal dari darah. Perubahan pada urin yang kita buang dapat menandakan berbagai hal dari yang tidak berbahaya hingga yang membutuhkan perhatian, diantaranya :

    • Perubahan bau. Perubahan bau pada urin dapat terjadi karena hal yang sangat normal seperti dipenraguhi oleh bau makanan / minuman yang kita konsumsi, termasuk kopi. Perubahan bau yang tidak normal contohnya adalah apabila bau menjadi seperti amonia, yang dapat menjadi tanda adanya batu / infeksi.
    • Perubahan warna. Perubahan warna dapat disebabkan karena kekurangan / kelebihan konsumsi cairan, karena pada saat dehidrasi urin akan berwarna pekat, sementara jika kita meminum banyak cairan urin akan cenderung tidak berwarna. Warna urin juga dapat dipenraguhi oleh beberapa makanan yang dimakan. Perubahan warna yang tidak normal contohnya adalah apabila urin berwarna seperti darah.
    • Perubahan banyaknya urin. Bisa disebabkan hal yang normal seperti banyak / tidaknya air yang diminum, maupun dapat disebabkan oleh adanya sumbatan maupun infeksi pada saluran kemih.
    Jika Anda merasa perubahan yang terjadi pada urin Anda termasuk yang tidak normal, maka sebaiknya segera periksakan kondisi Anda ke dokter, karena dokter butuh untuk melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan juga akan butuh untuk melakukan pemeriksaan medis lain, seperti pemeriksaan lab dari sampel urin Anda. Mengenai posisi dada yang sakit setelah duduk lama, hal ini masih mungkin disebabkan adanya kram / kaku pada otot dada bagian kiri Anda akibat posisi tumpuan tubuh yang salah selama duduk untuk periode yang lama tersebut. Namun, untuk memastikannya dokter perlu untuk melakukan pemeriksaan secara langsung. Untuk sementara sebaiknya Anda hindari duduk terlalu lama dengan posisi tersebut. Jika rasa sakit masih tetap muncul sebaiknya segera hubungi dokter Anda.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.