Tanya Dokter

  • Kelainan jantung pada bayi

  •  Eli_suryani
    Anggota

    Selamat pagi, Dok

    saya baru melahirkan bayi cowok dan divonis mempunyai kelainan jantung VSD. padahal saya sangat rutin melakukan cek USG/bulan sekali pada masa kehamilan, dan hasil USG sangat bagus tidak ada masalah apapun.

    yang mengherankan divonis bayi kelainan jantung pada hari ke-2 setelah melahirkan. dokter anak melakukan pemeriksaan dan terdengar kebocoran jantung. setelah itu, di lakukan pemeriksaan kembali oleh dokter jantung secara detail dan hasilnya mengalami kelainan jantung VSD dengan kebocoran 3mm. kata dokter jantung, belum bisa memberikan obat karena masih mengalami kebocoran kecil, dan kemungkinan bisa menutup kembali jika pertumbuhan bayi normal.

    setelah 7 hari kemudian, bayi saya tibatiba meninggal. sebelumnya pada hari ke-6 bayi tidak mau minum asi/susu, kita terus berusaha menyendoknya sedikit demi sedikit, hari ke-7 pagi  bayi saya meninggal.

    jadi dari pengalaman trauma ini,saya ingin menanyakan :

    1. Apa makanan/asupan yang sehat untuk menjaga pada masa kehamilan agar bayi tidak mengalami kelainan jantung?

    2.Apa yang menyebab bayi saya bisa meninggal secara tibatiba, padahal sebelumnya dia sangat terlihat sehat, dan kebocorannya jantung hanya 3mm dan kata dokter jantung tidak membahayakan.

    mohon bantuan dokter memberikan solusi dan penjelasan dari pengalaman saya ini.. terima kasih

    Eli_suryani  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Ibu Saya turut berduka atas apa yang terjadi. Sedikit mengenai kelainan jantung VSD (ventricular septal defect):

    • merupakan salah satu kelainan jantung yang paling umum
    • kelainan jantung VSD bisa muncul sendiri atau dengan kelainan jantung lainnya
    • pada sebagian besar kasus, tidak diketahui apa penyebab kelainan pada jantung anak; ada kemungkinan faktor genetika berperan
    • secara umum, jika lubang kecil, lubang tersebut bisa menutup sendiri; tidak ada obat atau langkah penanganan untuk mempercepat penutupan lubang tersebut secara natural
    • jika lubang tergolong besar, operasi akan diperlukan
    • gejala VSD adalah pernapasan bayi susah, sulit diberi makan dan pertumbuhan yang lebih lambat.
    Lubang VSD yang kecil umumnya tidak menyebabkan komplikasi. Jika tidak ditangani dengan benar, VSD bisa menyebabkan tekanan darah tinggi pada paru-paru (dapat merusak paru-paru), endocarditis (infeksi pada jantung) dan gangguan jantung lain seperti ritma yang tidak teratur dan katup jantung yang rusak. Untuk mengetahui secara pasti apa penyebab kematian sang bayi, perlu dilakukan otopsi. Yang menjadi penyebab kematian bisa karena komplikasi VSD, karena bayi tidak mendapatkan cukup oksigen atau karena ternyata ada kelainan lain pada jantung yang tidak terdeteksi oleh dokter. Saran saya adalah bicarakan dengan dokter yang menangani kasus anak Anda. Tanyakan pada dia secara jelas. Dokter yang memeriksa anak Andalah yang paling tahu mengenai hal ini. Sangat bisa dimengerti bahwa hal yang tidak diketahui penyebab pastinya sulit untuk diterima. Tidak ada cara spesifik atau khusus untuk memastikan anak terlahir dengan jantung yang sehat. Namun berikut saran saya untuk berusaha mendapatkan kehamilan yang baik:
    • dapatkan perawatan pranatal bahkan sebelum hamil. Misalnya, berhenti merokok, berhenti mengonsumsi alkohol, mulai mengonsumsi asam folat, menjaga berat badan yang sehat, dan lain-lain
    • olahraga secara teratur
    • menjaga pola makan agar selalu sehat, memenuhi keperluan nutrisi tubuh dan aman. Misalnya, jauhi makanan mentah dan setengah matang selama hamil.
    • cek status infeksi sebelum hamil dan pada awal kehamilan untuk memastikan semua infeksi terobati hingga pulih dengan sempurna
    • jika Anda mengalami diabetes, kontrol kadar gula sebelum dan selama hamil
    Semoga memabntu. Dr Liyadi  

    Eli_suryani  Eli_suryani
    Anggota

    Thanks saran yang dokter berikan,semoga bermanfaat untuk kedepannya.