Tanya Dokter

  • Kulit kehitaman di leher dan lipatan tubuh

  •  Betari
    Anggota

    dear dokter,

    sudah lama saya menderita acanthosis nigricans dok, kehitaman dibagian leher dan lipatan tubuh lainnya. Saya sudah mencoba segala macam, dari menurunkan berat badan ke bb ideal dan memakai produk pemutih kulit namun tidak terlihat hasilnya. Dari beberapa artikel yang saya baca, kelainan kulit ini juga bisa berarti tanda adanya kelainan di dalam tubuh, yang ingin saya tanyakan dok, dapatkah dokter memberikan rekomendasi pemeriksaan laboratorium yang detail agar saya bisa mengetahui dengan pasti apa sebenarnya penyebab kelainan kulit saya ini?

    saya sudah pernah ke dokter spesialis kulit dok, namun beberapa dokter tidak memberikan penjelasan apa2 tentang pemeriksaan selanjutnya dan hanya memberikan krim2 yang akhirnya sama sekali tidak berguna bagi saya. Saya harap saya bisa mendapatkan respons dan penjelasan yang baik di situs ini.

    terima kasih dok

    Betari  dr. Rico N
    Dokter

    Halo betari, Pada dasarnya akantosis nigricans disebabkan oleh segala macam hal yang mencstimulasi keratinosit epidermis (sel zat tanduk kulit ari)  dan perkembangan sel fibroblas dermis (sel penghasil jaringan ikat di kulit janggat). Umumnya akan tosis nigrikans bukan penyakit primer pada kulit, melainkan merupakan akibat dari penyakit lain yang ada pada tubuh. Secara umum, penyebabnya antara lain:

    • Obesitas (obesity related acanthosis nigricans)
    • Syndromic acantosis nigricans : yakni akantosis nigricans yang berhubungan dengan sindroma tertentu pada tubuh seperti :
      • Diabetes
      • PCOS / penyakit ovarium polikistik : pada wanita
      • Penyakit autoimun seperti lupus, skleroderma, sindrom sjogren
      • Gangguan tiroid tertentu  seperti tiroiditis hashimoto
    • Familial acantosis nigricans : berhubungan dengan riwayat keluarga yang memiliki masalah serupa
    • Drug-induced / dicetuskan obat : jarang, tetapi beberapa obat seperti asam nikotinat dan kortikosteroid diketahui dapat mencetuskan masalah ini
    • Keganasan / kanker : yang paling sering adalah adenokarsinoma dari saluran cerna
    Seringkali akantosis nigrans bukanlah penyakit yang sebenarnya tetapi menjadi tanda dari penyakit sistemik lain yang mendasarinya, sehingga pengobatan tanpa mengobati masalah dasarnya akan percuma. Beberapa bagian yang mungkin terkait dengan akantosis nigrikans adalah dermatolog/dokter kulit, ahli endokrin / hormon, ahli onkologi / kanker, spesialis kandungan jika anda wanita dan dicurigai PCOS sebagai penyebab, dan ahli genetik. Karena itu, pada tahap awal sebaiknya berkonsultasilah terleih dahulu dengan dokter penyakit dalam, selain dengan dokter kulit anda. Umumnya pemeriksaan penunjang yang dilakukan dapat berupa : Lab : skrining diabetes dan resistensi insulin, fungsi hati, dan pada yang berusia lebih tua skrining terhadap kemungkinan keganasan / kanker. Biopsi kulit. Penanganan penyakit ini masih banyak perdebatan, tetapi tujuan utamanya adalah untuk mengatasi penyebab yang mendasarinya (mengatasi hiperinsulin, menurunkan berat badan, menghentikan obat -- jika ada -- yang dicurigai sebagai pencetus, penanganan langsung pada akantosis hanya untuk alasan kosmetik semata. Pada kasus karena tumor/kanker, pengangkatan tumor/kanker tersebut merupakan pilihan terapi utama. Pada pasien yang gemuk atau dicurigai Diabetes / resistensi insulin maka penuruanan berat badan dan kontrol kadar gula darah merupakan hal yang sangat penting. deikian yang dapat saya sampaiakan, semoga bermanfaat.