Tanya Dokter

  • Solusi atasi mata juling pada bayi

  •  Cici Aseptrya
    Anggota
    Dok anak sayA BeruMur delApaN BuLaN.Tapi mAsiH BeluM Bisa mEliHAT deNGaN seMpUrNa.MatANYa LeBiH seriNG meliHaT ke ataS,KeBawaH,Saat mELIHat kedEpAN dIA jUliNg. mAtaNyA tIDak fOkUs,pupil matANyA merEspoN terkenA CahAyA. bola mAtaNya Normal dOk bErsih. tapi KetIkA dI PANgGil dIA tidAK MenOleh kita dOk MOHon peNjElasaN dan solusi Nya doK

    Halo Cici......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika kita fokuskan kepada kondisi yang dialami oleh anak Anda yaitu " mata juling ", yang dalam bahasa medis disebut sebagai strabismus, terjadi oleh karena otot mata yang terhubung ke otak tidak bekerja dengan tepat sehingga gerakan mata berbeda, padahal seharusnya kedua mata bergerak ke arah yang sama.

    Beberapa gejala mata juling yang dapat dicermati antara lain mata tidak bergerak ke arah yang sama di saat bersamaan. Salah satu mata akan menyipit atau menutup pada saat terpapar matahari dan seringkali menabrak saat berjalan.

    Anak kecil yang belum mampu berkomunikasi dengan baik, biasanya tampak sering menyipitkan mata atau memiringkan atau memutar kepala ketika berusaha melihat sesuatu agar lebih jelas.

    Tidak diketahui dengan pasti penyebab dari mata juling, kemungkinan hal ini berkaitan dengan genetik. Selain itu, risiko mata juling juga meningkat pada anak yang mengalami persalinan prematur, down syndrome ataupun cedera kepala, dan lain sebagainya.

    Solusi yang terbaik untuk saat ini adalah dengan membawa anak Anda menemui dokter spesialis penyakit mata, dan mendiskusi masalah ini, agar anak Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung, sehingga segala sesuatu nya terang & jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi anak Anda saat ini.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati