Tanya Dokter

  • Penurunan pada lapang pandang mata

  •  Ingram
    Anggota
    Salam dok. Saya mengalami masalah pada penglihatan yang baru saja saya sadari. Mata kanan saya seperti tidak sebagus mata kiri saya, contohnya ketika saya bercermin, pandangan saya fokuskan melihat ke arah mata kanan, nah masih terlihat bola mata sebelah kiri saya dengan jelas, namum bila saya fokuskan melihat mata sebelah kiri, bola mata sebelah kanan saya tidak terlihat, seperti blind spot. Apa yang terjadi pada mata saya ya dok, kondisi saya baru bangun tidur. Terima kasih.

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Aldokter

    Mungkin kondisi yang Anda alami merupakan suatu gangguan pada lapang pandang. Lapang pandang mata ini terdiri dari 3 jenis:

    1. Lapangan makular yaitu lapang pandang yang paling jelas dilihat kedua mata
    2. Lapangan binokular yaitu luas pandang yang dapat dilihat kedua mata secara umumnya
    3. Lapangan monokular yaitu kawasan yang hanya dapat dilihat oleh salah satu mata saja

    Bila timbul gangguan lapang pandang biasanya akan menimbulkan gejala seperti tidak dapat melihat dengan luas dan lapang pandang seperti tertutup. Untuk dapat lebih memastikannya sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung untuk mendapatkan oemeriksaan lapang pandang. Pada pemeriksaan lapang pandang, dokter akan menentukan batas paling tepi dari penglihatan (sejauh mana benda dapat dilihat jika mata berada pada satu titik). 

    Gangguan lapang pandang ini dapat disebabkan oleh:

    1. Glaukoma
    2. Gangguan dari saraf mata
    3. Adanya tumor pada mata
    4. Gangguan dari pembuluh darah retina (bagian dalam mata yang berfungsi untuk menangkap bayangan yang dibiaskan oleh lensa mata untuk diteruskan ke saraf penglihatan dan diinterpretasi oleh otak)
    5. dsb

    Jadi sebaiknya bila memang kondisi ini sudah berjalan cukup lama, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati