Tanya Dokter

  • Cara menyembuhkan bercak putih pada wajah

  •  Imeldasari
    Anggota
    Malam dok ,gini dok,saya kan berobat ke dokter umum tentang bibir saya yang ada bercak putihnya,lha kata dokter nya ini pikmen,trus disuruh kedokter kulit,,selain ke dokter kulit apa ada cara lain untuk memyembuhkan pikmen saya ini dok...??makasih

    Halo  Imeldasari, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Setiap orang memiliki warna kulit yang berbeda-beda. Perbedaan warna kulit pada setiap orang disebabkan karena di dalam kulit terdapat sel yang menghasilkan pigmen warna kulit. Sel ini disebut dengan melanosit, sementara pigmen warna kulit yang dihasilkan melanosit ini disebut dengan melanin. Pada kondisi-kondisi tertentu, dapat terjadi gangguan pada melanosit sehingga melanosit tidak dapat menghasilkan melanin secara normal. Gangguan pigmentasi (gangguan pewarnaan kulit) bisa jadi merupakan kelainan yang didapat saat setelah lahir (saat dewasa), bisa juga merupakan kelainan bawaan atau didapat sejak lahir. Gangguan pigmentasi juga ada yang menetap, ada yang bisa menghilang, ada yang ukurannya tetap sama hingga dewasa, ada pula yang dapat membesar.  Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan pigmentasi kulit:

    1. Nevus depigmentosus, yaitu kelainan pigmentasi kulit yang terjadi sejak lahir, biasanya hanya berupa satu bercak keputihan pada kulit, bisa besar bisa kecil, dapat tampak membesar karena pembesaran proporsi tubuh.
    2. Idiopathic guttate hypomelanosis, yaitu bercak keputihan pada kulit yang berupa bintik-bintik berukuran 1-10 mm, tidak menimbul, dan tidak memberikan gejala apapun pada kulit. Penyebab dari idiopathic guttate hypomelanosis tidak diketahui, namun lesi kulit ini diduga muncul akibat paparan terhadap sinar matahari yang merusak sel melanosit di kulit yang memproduksi melanin (zat yang memberi warna pada kulit).
    3. Vitiligo, yaitu suatu penyakit autoimun yang menyerang melanosit yaitu sel yang memberikan warna pada kulit, yang memberikan penampakan bercak-bercak keputihan pada kulit, bisa membesar hingga menutupi seluruh permukaan kulit.
    4. Tinea versicolor, yaitu infeksi jamur pada kulit, yang sering juga disebut dengan panu. Infeksi jamur biasanya memberikan gejala bercak keputihan pada kulit disertai dengan gatal dengan sisik halus di atas lesi.
    5. Hipopigmentasi post inflamasi, yaitu munculnya bercak keputihan setelah terjadinya peradangan pada kulit. Misalnya setelah infeksi oleh jamur candida atau tinea, setelah terjadinya eksim pada kulit, dan lain-lain. Bercak keputihan muncul di tempat yang mengalami reaksi peradangan tersebut.
    6. Progressive macular hypomelanosis, yaitu munculnya banyak bercak keputihan pada tubuh dengan berbagai ukuran dan menyebar pada area kulit yang luas, tanpa disertai gejala apapun ataupun riwayat peradangan pada kulit sebelumnya.

     

    Untuk dapat menyembuhkan bercak keputihan yang anda alami, kita perlu mengetahui lebih dahulu penyebab bercak keputihan tersebut. Untuk mengetahui secara pasti penyebab bercak keputihan di kulit anda, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kulit, terutama bila bercak keputihan tersebut semakin membesar, menyebar ke tempat lainnya, atau sangat mengganggu penampilan. Dokter kulit dapat melakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan di bawah lampu Wood, ataupun biopsi kulit untuk menentukan penyebab pastinya. Terapi untuk mengatasi bercak putih di kulit juga biasanya tidak dapat dilakukan sendiri. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh dokter kulit untuk menyamarkan bercak keputihan pada kulit:

    1. Melakukan dermabrasi yaitu terapi menggunakan alat khusus yang akan mengikis permukaan kulit di area yang berbercak putih
    2. Mikrodermabrasi yaitu terapi menggunakan kristal yang sangat halus untuk mengikis permukaan kulit di area yang berbercak putih
    3. Terapi laser
    4. Melakukan pinch skin graft yaitu memindahkan sebagian kecil kulit dari bagian kulit yang normal ke bagian kulit yang tampak lebih putih
    5. Pemberian krim tretinoin
    6. Pemberian krim steroid

    Pilihan terapi tersebut tentunya akan berbeda disesuaikan dengan penyebab pasti bercak keputihan di kulit anda.

     

    Sekian yang dapat saya informasikan, semoga bermanfaat

     

     dr. Irna Cecilia