Tanya Dokter

  • Apakah solusi untuk kelainan saat menstruasi?

  •  Feli
    Anggota

    Dok, mau tanya nih… saya berusia 16 tahun saat ini, saya mengalami haid tidak teratur sejak pertama kali saya menstruasi, saya pernah hampir 5 bulan tidak datang haid, akhirnya saya di rekomendasikan untuk mengkonsumsi obat Primolut N dan setelah diminum 5 hari dan akhirnya haid saya datang juga, dan setelah itu bulan berikutnya juga haid saya tak kunjung datang lagi, yang ada hanya bercak cokelat saja, dan bahkan tak ada sama sekali, hingga sekarang saya baru bisa dapat haid jika harus mengkonsumsi obat tersebut… Apakah ada solusi dok? :D Salam hangat, Lia ^^ terima kasih sebelumnya :)

    Halo, Primolut yang Anda konsumsi memiliki kandungan norethisterone dan merupakan golongan obat keras yang memerlukan resep dokter sehingga sebaiknya hindari konsumsi obat tersebut tanpa pemeriksaan atau petunjuk dari dokter. Keluhan haid tidak teratur yang Anda alami dapat saja disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut :

    • Stres berat
    • Olahraga berlebihan
    • Perubahan drastis pada berat badan
    • Gangguan pada rahim
    • Gangguan kelenjar tiroid
    • Sindrom ovarium polikistik
    dan lain-lain Namun untuk memastikan penyebab haid tidak teratur tentu saja memerlukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga apabila dirasa mengganggu dan Anda khawatir sebaiknya diperiksakan ke dokter. Bila perlu, dokter akan meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan tambahan yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis (misalnya USG perut atau tes laboratorium). Anda dapat berdiskusi mengenai diagnosis dan rencana terapi dengan dokter yang memeriksa Anda untuk memperjelas kondisi medis Anda dan mendapatkan solusi yang terbaik. Berikut artikel yang membahas mengenai menstruasi secara lengkap dan menyeluruh : Menstruasi Mewaspadai Menstruasi   Salam, dr.Debby Phanggestu  

    Feli  Feli
    Anggota

    tapi ada kah cara lain donk… ? untuk  mengatasinya? apakah ini hal yang wajar dok untuk usia remaja2 seperti saya?

    Feli  Feli
    Anggota

    Feli February 26, 2015 at 9:57 pm tapi ada kah cara lain do <p style="display: inline !important;"></p> <p style="display: inline !important;">k… ? untuk mengatasinya?</p> apakah ini hal yang wajar dok untuk usia remaja2 seperti saya?  

    Hai Feli, Menurut penelitian memang siklus haid pada masa remaja dapat saja lebih panjang daripada siklus haid wanita dewasa, namun siklus haid yang lebih dari 45 hari sebaiknya diperiksakan lebih lanjut ke dokter  untuk mengetahui apakah terdapat suatu kondisi medis yang menyebabkan hal tersebut. Mengingat Anda bahkan hampir lima bulan tidak mendapat haid maka langkah yang terbaik dilakukan adalah memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Pengunaan obat-obatan tanpa mengetahui kondisi medis yang sesungguhnya sangatlah berbahaya dan sebaiknya dihindari.   Salam, dr.Debby Phanggestu