Tanya Dokter

  • Apakah ada kelainan pada vagina saya?

  • Mau tanya dok .. labia kanan aku lebih besar dari yg kiri . Apa itu tanda kelainan vagina?? apa penyebabnya dan apa berbahaya ???

    Halo,   Apa yang Anda maksud adalah labia mayora / minora? Pada dasarnya bentuk organ intim wanita tidaklah sama persis / simetri kanan dan kiri. Bahkan satu wanita dengan wanita yang lain memiliki bentuk organ intim yang berbeda walaupun secara anatomi memiliki organ yang sama. Baca anatomi vagina. Labia mayora (bibir vagina luar) adalah suatu bagian dari organ intim berbentuk seperti bukit yang terdiri dari jaringan lemak , pembuluh darah dan saraf. Terdapat 2 belah labia mayora kanan dan kiri yang mengapit labia minora dan vagina. Ukuran labia mayora kanan dan kiri pada dasarnya mungkin tidak sama besar tetapi biasanya tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh. Jika labia Mayora kanan / kiri Anda berbeda (asimetri) dengan ukuran yang berbeda jauh mungkin memerlukan pemeriksaan seksama untuk mengetahui kondisi penyebabnya. Labia minora berbentuk seperti lapisan kulit menutup diantara labia mayora dan lubang vagina. Ukuran labia minora pada setiap wanita tidak sama,bahkan pada satu wanita terkadang memiliki salah satu labia minora yang lebih besar (menggelambir keluar) ukurannya daripada sisi satunya lagi. Hal ini bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan karena merupakan varian dari bentuk labia minora saja. Jika Anda masih merasa khawatir dengan bentuk labia Anda maka tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter dan berkonsultasi secara langsung mengenai keluhan Anda. Dokter akan memeriksa kondisi Anda dan memastikan apakah kondisi labia Anda adalah varian normal dari bentuk vagina atau memiliki indikasi medis dibelakangnya. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Dahlia Atika Sari  Masuk Sini
    Anggota

    ada sebab lain juga, kalau yg kamu maksut libia minora yang besar sebelah.. ada beberapa penelitian itu juga di sebabkan keseringan masturbasi.