Tanya Dokter

  • Apa saya perlu mengulang proses sunat?

  •  nurjani
    Anggota

    Sore dok Sy punya masalah dg penis sy. Dulu wktu kecil sy sudah dikitan sama mantri tp hasil penis sy tdk sempurna hasilnya penis sy sperti blum di sunat . Sy sudah berkluarga dan pnya 2 anak.stiap berhubungan sy kurang PD dan tdk dapt menikmati hubungan dg puas.yg mau sy tnyakan perlu ndak sy mengulangi sunat lg mengingat usia sy sudah tua.dan ada pengaruh terhadap ukuran penis ndk seandanya sy sunat lg. Jujur sy minder penis sy kurang bgitu besar .mohon jawabanya.

    Hello, Sunat atau sirkumisisi merupakan tindakan medis dimana dilakukan prosedur pembuangan ujung kulit (preputium) yang menutupi kepala dari penis atau yang dikenal sebagai glans penis. Berikut adalah lgambar yang menunjukkan perbedaan sebelum disunat dan setelah disunat. <div class="irc_mutc"></div> (Gambar diambil dari sumber : www.mayoclinic.com) Perbedaan yang paling utama adalah, setelah disunat kulit yang menuntupi kepala penis sudah tidak ada. Jadi sunat tidak mempengaruhi kesuburan ataupun ukuran dari penis sewaktu melakukan hubungan seksual. Menurut penelitian, sunat tidak mempengaruhi ereksi ataupun nafsu untuk melakukan hubungan seksual. Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa jika dilakukan sunat, maka sensitifitas seksual akan berkurang karena kehilangan sebagian ujung saraf yang berada pada kulit yang dibuang. Lakukan sunat untuk indikasi kesehatan, karena sunat dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, antara lain:

    1. Dapat mengurangi risiko infeksi penularan seksual
    2. Dapat mengurangi risiko kanker penis
    3. Dapat mengurangi infeksi saluran kemih
    4. Dapat mengurangi kanker serviks pasangan Anda
    5. Mudah dibersihkan
    Berikut adalah laman yang membahas mengenai sunat secara lebih mendalam: http://www.alodokter.com/metode-dan-manfaat-sunat Jika Anda mengalami gangguan dalam melakukan hubungan seksual karena ukuran penis, Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena ukuran bukan merupakan satu-satunya factor yang dapat meningkatkan kepuasan seksual. Anda dapat membaca beberapa artikel dibawah ini untuk dapat memperkaya informasi demi mendapatkan kepuasan dalam melakukan hubungan seksual : http://www.alodokter.com/ejakulasi-dini http://www.alodokter.com/cari-tahu-penyebab-perubahan-gairah-wanita http://www.alodokter.com/peran-klitoris-saat-berhubungan-intim Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean