Tanya Dokter

  • Herpes genital ataukah sifilis?

  •  gentar
    Anggota
    Pagi dok.. 2 minggu lalu saya kena herpes di tangan dan pantat.. herpes di tangan dan di pantat sudah mau kering tp di leher mr.p saya seperti herpes gtu.. saya kasih salep aclovir tp ga kering2 trs ga perih jg.. kata temen coba minum super tetra..sekarng agak kering.. saya mau tanya dok itu herpes apa spilis atau apa gtu.. awal nya dr herpes di badan.. mohon di jawab ya dok..

    Terima kasih Gentar atas pertanyaannya di forum Alodokter, herpes genital adalah infeksi virus pada alat kelamin yang bisa menulari pria dan wanita. Penyakit ini salah satu dari Infeksi Menular Seksual atau IMS karena umumnya ditularkan melalui hubungan seksual (vagina, anal, dan oral). Infeksi yang terjadi disebabkan oleh virus herpes simpleks atau sering disebut sebagai HSV. Gejala yang ditimbulkan pada penyakit ini dapat berupa:
    - Luka dapat terbuka dan terlihat merah
    - Dapat timbul sensasi rasa sakit, gatal, atau geli di sekitar area lepuhan
    - Luka melepuh yang kemudian pecah dan terbuka di sekitar genital, rektum, paha, dan bokong.
    - Demam
    - Kelelahan
    - Rasa tubuh pegal-pegal

    Umumnya pada keadaan herpes luka yang dirasakan terasa nyeri dan biasanya timbul disekitar mulut atau alat genital, sedangkan pada sifilis gejala yang dapat ditimbulkan berupa:
    - luka pada alat kelamin atau disekitar anus yang tidak nyeri (dapat juga disekitar mulut, bibir, atau jari)
    - beberapa minggu setelah luka menghilang dapat timbul ruam pada bagian tubuh manapun tapi biasanya pada telapak tangan dan telapak kaki
    - dapat muncul kutil
    - demam
    - nafsu makan menurun
    - radang tenggorokkan

    Pada keadaan sifilis gejala yang ditimbulkan sangat bervariasi tergantung pada tahapan sifilis yang dialami sekarang. Oleh sebab itu ada baiknya Saudara dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin guna dilakukan pemeriksaan kembali untuk memastikan keadaan yang dialami sekarang sebab penyakit sifilis merupakan suatu penyakit yang cukup mengkhawatirkan karena dapat menimbulkan gangguan yang serius bahkan kematian.

    Berikut terdapat artikel seputar sifilis

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra