Tanya Dokter

  • Ciri-ciri kelelahan kronis

  •  bjannahti
    Anggota

    Selamat pagi, dok,

    Sekitar sebulan-dua bulanan ini badan saya sangat sering merasa kecapekan sekali. Sudah tidur lama pun rasanya masih tidak cukup. Setelah tidur malam juga badan tidak menjadi segar.

    Selain itu rasanya lebih mudah emosi dan lebih mudah marah. Saya sudah konsumsi vitamin (imboost) tapi tidak terasa membaik.

    Apakah ini termasuk kelelahan kronis? Bagaimana menanganinya?

    Terima kasih.

    Hai Bjannahti,

    Sindrom kelelahan kronis adalah kumpulan gejala yang berlangsung selama 6 bulan atau lebih, di mana seseorang mengalami kelelahan berkepanjangan tanpa sebab jelas yang tidak dapat hilang dengan istirahat, dan hal ini menyebabkan berkurangnya aktivitas secara drastis. Sindrom kelelahan kronis dapat disertai dengan gejala-gejala seperti sulit tidur, sakit kepala, penurunan konsentrasi dan memori, perubahan penglihatan, ataupun nyeri pada otot dan sendi.

    Bila Anda saat ini mengalami kelelahan selama 1-2 bulan terakhir maka kondisi ini belum dapat digolongkan sebagai sindrom kelelahan kronis. Namun tentunya kondisi ini perlu mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak berkelanjutan dan mengganggu aktivitas harian Anda.

    Selain akibat sindrom kelelahan kronis, sering kelelahan dapat pula timbul akibat adanya kondisi medis lain yang mendasari seperti:


    Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda menemui dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut. Selain pemeriksaan fisik, jika diperlukan dokter dapat menganjurkan tes penunjang seperti tes laboratorium darah untuk menelusuri penyebabnya lebih jauh. Dengan demikian maka penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Untuk mengurangi timbulnya kelelahan berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:

    • Tidur yang cukup selama 7-9 jam setiap malam dan mengatur jam tidur yang tetap agar memiliki waktu tidur yang berkualitas
    • Mandi air hangat dan mendengarkan musik yang lembut akan membantu tidur lebih nyenyak
    • Batasi aktivitas fisik yang berat dan melelahkan tubuh
    • Makan secara teratur dengan pola gizi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh
    • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran
    • Batasi konsumsi makanan yang berbahan dasar tepung atau mengandung kadar gula tinggi
    • Konsumsi suplemen multivitamin
    • Hindari makan besar 2 jam sebelum tidur
    • Hindari penggunaan komputer, televisi atau gadget di kamar
    • Hindari konsumsi kafein, alkohol, dan rokok
    • Berolahraga ringan secara teratur
    • Mengelola stres dengan bijak


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Sekadar lelah atau sedang sakit?       
    Agar tubuh tidak mudah lelah            
    Mengusir rasa kantuk dan lelah di tempat kerja

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman