Tanya Dokter

  • Benjolan di sekitar payudara dan pegal-pegal

  •  anonymous
    Anggota

    Apakah jika ada benjolan di sekitar payudara termasuk kelenjar getah bening? jika kecapean tangan bahu terasa pegal-pegal.

    Hai, Penyebab adanya benjolan pada payudara bermacam-macam, yaitu:

    • fibroadenoma, yaitu tumor jinak yang padat atau kenyal, berbatas tegas, dan sering terjadi pada wanita usia muda
    • kista payudara, yaitu kantong berisi cairan di dalam payudara, biasanya bersifat jinak
    • lipoma
    • mastitis, yaitu infeksi jaringan payudara sehingga timbul nyeri, bengkak, hangat, dan kemerahan
    • cedera pada payudara
    • abses payudara, yaitu terdapat nanah di dalam payudara
    • papiloma intraduktal, yaitu seperti pertumbuhan kutil di dalam saluran susu
    • kanker payudara
    Sebaiknya Anda memeriksakan benjolan tersebut ke dokter. Pemeriksaan fisik untuk mengetahui karakteristik benjolan dan tes penunjang seperti USG atau biopsi dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Sehingga dapat segera diberikan penanganan yang tepat. Tangan dan bahu yang pegal bisa disebabkan karena penggunaan berlebih pada otot tangan dan bahu, misalnya setelah olahraga, mengangkat beban berat, atau postur tubuh yang buruk misalnya saat duduk terlalu lama di depan komputer atau tidur dengan posisi miring ke salah satu sisi. Cobalah untuk memiliki postur yang benar, lakukan peregangan tubuh sejenak misalnya saat duduk terlalu lama, dan memiliki waktu istirahat yang cukup.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto

    anonymous  Aulia01
    Anggota

    Dokter, mohon bantuan penjelasannya. Saya wanita usia 27 tahun baru menikah, telah melakukan pemeriksaan USG pada payudara, dengan hasil: Mammae Kanan: - tampak massa solid pada jam 11 -12, ukuran +- 0.60x0.90cm, dan jam 2 -4, ukuran +- 1.01x2.44cm, - batas massa tegas, tak ada distorsi parenchym sekitar, - tak ada penebalan kulit/retraksi papil/pembesaran kelenjar getah bening axilla. Mammae Kiri : <span style="line-height: 1.5;">- tampak massa solid pada jam 8 - 10, ukuran +- 1.01x2.51cm, - batas massa tegas, tak ada distorsi parenchym sekitar, - tak ada penebalan kulit/retraksi papil/pembesaran kelenjar getah bening axilla. Kesimpulan:</span> MASSA SOLID MAMMAE BILATERAL, SUSPECT FAM? Maksudnya apa, Dok? Tindakan apa yang perlu dilakukan? Apabila saya hamil, kemudian menyusui apakah tidak berbahaya? Terima kasih, Dok.

    Dok. Saya mau tanya 2 blan blkangan ini menstruasi saya gak lancar 2hari pertama kluar banyak dan hari berikut nya cman sdkit banget kluar nya dan stlah selesai menstruasi pinggang saya sakit dok.. mohon pencerahannya..