Tanya Dokter

  • Pembengkakan kelenjar di beberapa area

  •  Metin
    Anggota

    Malam dok.. Mau tanya suami saya mengalami pembengkakan pada area sekitar Leher,Dagu,ketiak dan pangkal Paha.Tadinya hanya di area dagu sekitar 3bln yang lalu..dan sudah di periksa ke dokter 1minggu ini..di ronsen pada bagian Paru-paru dan kata dokter kemungkinan TB kelenjar.dan dikasih minum obat 1bulan. Tapi kenapa sudah jalan 1 minggu masih belum ada perubahan?suami saya masih saja merasakan pusing,hangat didalam kepala,sedikit mual dan kelihatan lelah.Pertanyaan saya sakit apa yang di alami suami saya? Dan apa yg harus kami lakukan.terima kasih sebelumnya dok. mohon bantuan dan sarannya.

    Halo,   Pembengkakan kelenjar yang terjadi di beberapa tempat berjauhan (wajah- leher dan paha ) bisa disebabkan karena :

    1. Infeksi virus = Toksoplasma, HIV, dll
    2. Infeksi TBC = biasa pembesaran terjadi di bagian leher dan bahu atas.
    3. Limfoma = sejenis tumor kelenjar limfe
    4. Metastase/ penyebaran kanker
    5. Dll.
    Untuk mengetahui dengan pasti penyebab keluhan suami Anda maka pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan langsung perlu dilakukan. Dokter akan melakukan tes fisik dan medis seperti biopsi kelenjar, rontgen, USG , CT SCAN dll untuk mengetahui secara pasti penyebab keluhan suami Anda. Jika suami Anda didiagnosa TB kelenjar, maka pengobatan harus terus dilakuakn selam 6 bulan tanpa berhenti. Perbaikan kondisi biasanya akan mulai nampak pada 2-4 minggu pertama pengobatan. Jadi motivasi terus suami Anda untuk berobat hingga tuntas. Baca topik TB kelenjar Untuk mengurangi sedikit keluhan yang tidak nyaman maka Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :
    1. Banyak minum air putih.
    2. Istirahat cukup
    3. Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol.
    4. Hindari rokok dan asap rokok.
    5. makan gizi seimbang.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi