Tanya Dokter

  • Pembengkakan kelenjar getah bening dengan 4 benjolan di leher

  • Selamat malam dok.. calon suami saya mngalami kelenjar getah bening dileher ada 4 benjolan dileher nya, sekitar 2 minggu lalu 1 benjolan itu dioperasi tp tdk ada perubahan.. Saat ini dy sedang mlakukan pengobatan kpd dr, kata dr yg mnanganinya kelenjar trsebut trjadi akibat penyakit paru2 dan tbc.. Mohon penjelasan nya soal penyakit ini dr.. Terimakasihh :)

    Hai, Kelenjar getah bening merupakan jaringan berbentuk bulat kecil seperti kacang yang merupakan 'rumah' dari sel darah putih. Kelenjar getah bening dimiliki oleh semua manusia pada umumnya. Kelenjar-kelenjar ini memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh seorang manusia. Kelenjar getah bening dapat membengkak disebabkan adanya reaksi tubuh terhadap adanya infeksi, peradangan, dan lainnya. Kumpulan kelenjar getah bening yang seringkali ditemukan membengkak ada pada daerah bawah dagu, leher, ketiak, dan pangkal paha. Salah satu infeksi yang menyerang dan dapat menyebabkan kelenjar getah bening membengkak adalah infeksi dari kuman Mycobacterium tuberculosis, yang merupakan penyebab penyakit tuberkulosis (TBC), yang umumnya menyerang paru-paru. Jika pembengkakan pada kelenjar getah bening disebabkan adanya infeksi tuberkulosis maka umumnya penderita juga akan mengalami gejala-gejala berikut :

    • panas badan
    • menggigil
    • turun berat badan
    • keringat berlebih pada malam hari
    • dan lainnya
    Untuk memastikan apakah benar penyebab dari pembengkakan kelenjar getah bening tersebut disebabkan oleh infeksi tuberkulosis, dokter perlu melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang medis lain, yaitu memeriksa contoh sampel dari jaringan kelenjar getah bening yang membengkak untuk dianalisis di laboratorium. Pengambilan sampel ini dapat dilakukan dengan beberapa teknik, diantaranya dengan cara operasi pada salah satu kelenjar. Apabila pemeriksaan laboratorim mengkonfirmasi adanya infeksi dari bakteri tuberkulosis maka diagnosis infeksi TBC pada kelenjar dapat ditegakan. Apabila benar yang menjadi penyebab pembengkakan kelenjar getah bening tersebut adalah infeksi tuberkulosis, maka untuk mengobatinya diperlukan pengobatan tuberkulosis. Agar dapat sembuh total pengobatan ini harus dijalani selama 6 bulan (atau lebih) tanpa terputus. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda mengenai penatalaksanaan lebih lanjut.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.