Tanya Dokter

  • benjolan sebesar biji rambutan di leher

  • Selamat siang dok. Di bagian leher saya terdapat sebuah benjolan yang berukuran seperti biji rambutan. Apakah benar itu infeksi kelenjar getah bening?tetapi saya tidak mengalami seperti demam/yang lainya.kira-kira sudah 3bulanan dok tumbuh.

    Hai,   Untuk mengetahui apa jenis benjolan yang Anda derita maka dibutuhkan pemeriksaan secara langsung. Karena untuk mengetahui jenis benjolan perlu dilakukan pemeriksaan yang  menilai karakteristik benjolan. Saran saya segera temui dokter terdekat untuk memeriksakan diri Anda dengan seksama dan melakukan pemeriksaan lain jika diperlukan. Adapun penyebab kemungkinan benjolan di leher Anda adalah :

    1. Pembengkakan kelenjar getah bening
    2. Kelenjar tiroid yang membengkak (gondok)
    3. Kista ateroma
    4. Kista Dermoid
    5. Metastasis kanker
    6. Abses
    7. dll.
    Pemeriksaan fisik yang dinilai pada sebuah benjolan adalah :
    1. Lokasi
    2. Konsistensi = kenyal / padat, isi cairan / isi padat.
    3. Batas = jika batas tidak tegas biasanya menuju kearah keganasan.
    4. Melekat dasar/ tidak = jika melekat ke dasar maka kemungkinan kearah keganasan
    5. Ukuran
    6. Tanda radang seperti nyeri, panas, kemerahan dll
    7. Kecepatan tumbuh = semakin cepat benjolan dari timbul dan membesar maka semakin menuju kearah keganasan.
    Jika berdasar pemeriksaan fisik benjolan menuju ke arah keganasan maka pemeriksaan lain akan diperlukan seperti Tes darah, USG, CT SCAN, MRI , Biopsi, Bonescan, PET Scan dll. Penanganan benjolan biasanya dengan melakukan pengangkatan benjolan tersebut baik jika jinak maupun ganas. Sealin untuk menghilangkan benjolan tersebut, benjolan juga bisa diperiksakan ke laboratorium untuk dibiopsi dan dipetakan. Jika ganas maka penatalaksanaan akan dilanjutkan sesuai dengan indikasi medis yang ada.   Semoga membantu.   dr. Yusi

    oke terima kasih dok atas saranya.