Tanya Dokter

  • Benjolan di telinga kiri dan terasa nyeri

  •  271207
    Anggota
    Dok.anak saya perempuan 9 tahun BB 25kg. Keluhan: 6 hari yg lalu ada benjolan di telinga kiri lalu dokter umum bilang itu gondongn dan diberi obat.3 hari yg lalu (hari senin) bengkak berkurang ttp muncul lagi di dagu kanan.Kami ke dr.SpA beliau mengatakan bukan gondongan tetapi dua2nya adalah pembesaran kelenjar getah bening di sub lingual,lalu diberi obat antibiotik dan obat nyeri dlm bentuk puyer.Hari ini (rabu) muncul lagi benjolan yang baru di belakang telinga bagian kanan. Benjolannya sebesar biji pala dan area sekitar bengkak,anak mengeluh nyeri ringan ke sedang ,makan minum baik,tdk demam, pilek. Di rmh selain obat sy lakukan kumur air garam dan kompres hangat. Terus terang sy kwatir. Apa yg harus kami lakukan selanjutnya? Apakah menunggu obat habis baru kami ke dokter? Perlu pemeriksaan lab? Ataukah kami rujuk saja ke RS? Apakah nanti benjolan ini akan menjalar ke bagian lain? Berapa lama waktu yang pengobatan sampai benjolannya menghilang? Tks byk dok mohon petunjuk n jawaban dok.

    Halo,

     

    Benjolan di sekitar leher dan telinga bisa disebabkan karena =

    1. Pembesaran Kelenjar getah bening.
    2. Infeksi virus.
    3. Infeksi bakteri atau parasit.
    4. Tumor.
    5. Metastase keganasan.
    6. Kista.
    7. TB kelenjar.
    8. Abses.

    Untuk memahami lebih jauh memang dibutuhkan pemeriksaan seksama mengenai kondisi anak Anda. Dengan pemeriksaan yang lengkap seperti tes darah, usg atau biopsi kelenjar tersebut maka dokter bisa menentukan jenis benjolan anak Anda dan memberikan pengobatan optimal.

    Menurut hemat kami lanjutkan pengobatan oleh dokter hingga obat habis kemudian kontrol kembali kondisi anak Anda ke dokter jika keluhan masih ada. 

    Benjolan akan menghilang jika penyebab benjolan tersebut sudah tidak ada. Kadang terdapat kondisi pembengkakan KGB yang tidak bisa kembali normal namun tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

    Berikan anak Anda  cukup istirahat, makan nutrisi seimbang serta perbanyak sayur dan buah. Hindari memencet benjolan terus menerus.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi