Tanya Dokter

  • Ada benjolan di leher kiri

  • Hallo pak dokter, prknalkan nama saya tika umur 23tahun asal pekanbaru. keluhan saya ini dok, sdh hampir 2 minggu di bagian leher saya terasa sakit, sepertinya ada benjolan di leher kiri, tapi terasa kalo kita sentuh, bnjolan nya klo di sentuh tdk nyeri, namun saya merasa tdk nyaman dok karena sakit sampe ke gigi,kuping,kepala,pelipis mata saya, namun hanya sebelah kiri. Saya sdh konsultasi ke 2 dokter namun beda pndpat, ada yg bilang radang rahang, dan pmbengkakan klenjar ringan. Saya pngen dok, cara alternatif utk mengobati nya bgaimana? Dan knpa bisa sakit sampe ke bagian kepala saya dok?? Tks.

    Hai Pembesaran dari kelenjar getah bening leher yang disertai nyeri paling sering diakibatkan oleh adanya infeksi. Infeksi paling sering diakibatkan oleh infeksi virus dan bakteri, penyebab infeksi lain yang mungkin adalah parasit dan jamur. Pembesaran kelenjar getah bening akibat dari respon pertahanan tubuh terhadap infeksi. Biasanya pembesaran akan mengecil dengan sendirinya secara perlahan bila infeksi sudah menghilang, kadang bisa dalam waktu beberapa bulan kelenjar getah bening mengecil. Penyebab lain dari pembesaran kelenjar getah bening, antara lain:

    • Autoimun
    • Penyebab yang tidak diketahui (idiopatik)
    • Obat-obatan
    • Kanker.
    Jika dalam jangka waktu lama pembesaran tidak mengecil, atau malah membesar dan bertambah banyak. Untuk mengetahui pasti penyebabnya, dipertimbangkan untuk dilakukan operasi biopsi sehingga dapat diketahui apa penyebab pastinya. Tergantung lokasi pada infeksinya, namun beberapa infeksi pada lokasi rongga sinus (sinusitis), infeksi gigi, ataupun infeksi lain yang menyebabkan demam, dll dapat menyebabkan  sakit kepala. Informasi mengenai pembesaran kelenjar getah bening dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Pembesaran kelenjar getah bening. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william