Tanya Dokter

  • Benjolan di belakang kuping dan sakit kepala

  •  Resa Melania
    Anggota

    Malam Dok.saya mau nanya,saya udah 3 bulan lebih ada benjolan di belakang kuping waktu itu sempat membengkak dan 1 bulan yang lalu ngecilin sedikit tapi benjolan nya masih ada ga hilang.saya pernah konsultasi kata nya ini kelenjar getah gening.saya di suruh cek darah tapi saya belum sempat cek darah.dan waktu itu saya tanya ke dokter yang lain kata nya ini kelenjar biasa tapi harus di operasi kata nya bakal nempel terus.semenjak ada benjolan ini.saya jadi sering sakit kepala bagian belakang,saya juga jadi sering pegel di leher,dan kalau di pencet agak sakit.menurut dokter gimana?apa ini berbahaya? Dan saya juga mau nanya dada saya suka sakit,kadang detak jantung nya jadi pelan,kadang juga jadi kenceng dan itu jadi sakit itu kenapa yah dok?

    Halo, Kita belum bisa mengetahui sesuatu benjolan termasuk bahaya atau ganas tanpa melakukan pemeriksaan. Jenis pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan biopsi untuk mengetahui sel apa yang membentuk tonjolan tersebut. Hal yang dapat menjadi penyebab benjolan diantaranya:

    Bila sangat menggangu, memang sebaiknya dilakukan tindakan operasi untuk pada benjolan tersebut, setelah itu dapat dilakukan pemeriksaan patologi anatomi unutk memeriksa apa yang menyebabkan benjolan tersebut. Dada yang sakit belum tentu disebabkan oleh penyakit jantung. Detak jantung yang cepat atau lambat juga dipengaruhi oleh aktivitas kita saat itu. Anda dapat menghitung nadi di tangan untuk mengetahui apakan detaknya masih dalam batas normal. Nadi normal pada orang dewasa adalah 60-100 kali per menit. Bila lebih rendah dari 60 atau lebih tinggi dari 100 maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan EKG. Semoga membantu, terimakasih