Tanya Dokter

  • Sakit pada payudara dan muncul benjolan

  •  Rika Rizkia
    Anggota
    Haloo dok,saya rika Pada usia 17tahun saya pernah merasakan sakit pada payudara sampek gak pakek BH pernah,itu semacam benjolan,saya periksa ke dokter bedah katanya gak ada masalah itu hanya kelenjar ketika akan menyusui nanti Nah umur 19tahun ada lagi tapi posisinya beda bukan di deket ketiak tapi di deket puting agak ke pinggir,nah yg ini gak ada nyeri ataupun sakit sama sekali,rasanya biasanya,meskipun di tekan di unyek-unyek di kompress biasa aja Periksa lagi ke dokter umum pas 20th saya sudah hamil trimester ketiga katanya harus cek ke dokter bedah lagi,tapi saya gak periksa karena gak sempet keburu lahiran Selama menyusui gak ada masalah ato sakit apapun ...kecuali PD bengkak Apakah benjolan semacam kelenjar itu harus di periksakan lagi,di angkat atau tidak apa" di biarkan begitu dok Mohon jawabannya,karena masih menyusui dan alhamdulillah asi lancar jaya anak sehat aktif

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, yang perlu kita ketahui adalah penyebab benjolan ini. Karena dengan mengetahui penyebab benjolan ini, maka penanganan dapat dilakukan sesuai diagnosa dari dokter bedah. 

    Pada wanita usia remaja sampai dewasa muda, keluhan pembesaran kelenjar payudara berupa tumor jinak payudara atau fibroadenoma payudara pada kondisi yang tidak mengganggu estetik dan tidak menyebabkan keluhan lebih jauh kemungkinan tidak memerlukan tindakan khusus, kondisi ini dapat hilang beriring waktu.

    Sedangkan pada masa kehamilan dan menyusui kemungkinan dapat disebabkan adanya peradangan pada kelenjar payudara akibat penutupan saluran ASI sehingga mengalami peradangan. Bila peradangan ringan, kemungkinan keluhan nyeri tidak ditemui, hanya berupa benjolan di sekitar payudara. Namun, bila peradangan ini  meningkat, maka keluhan nyeri, pembengkakan, sampai timbulya nanah pada daerah payudara dapat ditemui.

    Oleh karena itu, bila saat ini Anda masih merasakan keluhan penyerta berupa benjolan pada payudara baik selama masa menyusui ataupun bila masa menyusui telah usai, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter bedah untuk pemeriksaan dan evaluasi keluhan yang Anda rasakan. Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti mamografi.

    Penatalaksanaan akan dilakukan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah setiap memberikan ASI, sebaiknya Anda menuntaskan ASI dari satu sisi payudara sampai habis, selanjutnya berganti sisi lain bila bayi Anda masih membutuhkan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga benjolan-dan-tumor-payudara-belum-tentu-kanker.

    dr. Ulfi