Tanya Dokter

  • Pembesaran kelenjar getah bening

  •  Nana Wae
    Anggota

    Dok saya mau tanya biasanya kalo kelenjar getah bening itu kan harus di biopsi biar sembuh tapi alternatif lain selain di biopsi apa ya dok biar sembuh ? Waktu saya periksa ke rumah sakit dokternya enggak langsung biopsi malah dokternya bilang kalo 3bulan belum hilang baru di biopsi . Nah sekarang dileher sebelah kiri tumbuh benjolan lagi dok . Kok bisa tumbuh lagi itu penyebab biasanya apa ya dok ? terimakasih :)

    Hai Pembesaran kelenjar getah bening yang baru terjadi biasanya tidak langsung dilakukan biopsi. Penyebab tersering dari pembesaran kelenjar getah bening adalah infeksi sehingga dicari terlebih dahulu apakah adanya faktor infeksi melalui pemeriksaan fisik oleh dokter serta pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, foto rontgen dada, dsb. Terkadang pembesaran kelenjar getah bening tidak diketahui sebab pastinya dan mengecil sendiri dalam waktu beberapa minggu, oleh sebab itu tidak langsung dilakukan pemeriksaan biopsi. Namun bila pembesaran tidak mengecil atau cenderung semakin membesar, bertambah banyak dan dicurigai ke arah kanker maka barulah dilakukan pemeriksaan biopsi. Pemeriksaan atau operasi biopsi dapat mempunyai 2 fungsi yaitu untuk sebagai terapi menghilangkan benjolan dan untuk sekaligus mencari penyebab pasti dari benjolan tersebut. Tindakan dengan cara operasi pengangkatan sebagian atau seluruh kelenjar yang membesar dan dilakukan pemeriksaan dengan mikroskop pada jaringan kelenjar tersebut. Bila kelenjar tersebut belum mengecil dan justru tumbuh kembali di tempat lain sebaiknya Anda kontrol kembali pada dokter untuk dilakukan penanganan selanjutnya. Beberapa penyebab dari pembesaran kelenjar getah bening, antara lain:

    • Infeksi (bakteri, virus, jamur atau parasit)
    • Obat-obatan
    • Autoimun
    • Kanker.
    Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Pembesaran kelenjar getah bening. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william  

    Nana Wae  Omi Ikha Mika
    Anggota

    dok, saya mau tanya. saya merasa seperti ada benjolan di dalam tenggorokan saya, ketita saya akan menelan sesuatu. itu kenapa dok ya?? terus suara saya jadi berbeda. tolong jawabannya dokter ya??