Tanya Dokter

  • Sakit hipertiroid ataukah hipotiroid?

  • Selamat siang dok, saya penderita kelenjar tiroid. Hasil tes lab saya : TSH : < 0,10 T4. : 109,27 T3. : 3,03

    saya termasuk penderita hipertiroid apa hipotiroid? Terus makanan apa saja yang tidak boleh saya makan?? Tiroid itu sendiri bisa hilang atau tidak ya dok?? terima kasih. selamat siang.

    Irene christiani  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Irene, Apa yang anda alami termasuk hipertiroid, ditandai dengan TSH yang rendah dan T3-T4 yang tinggi. Penyebab yang paling sering : 1. Penyakit graves : 50-60% kasus; penyebab tersering 2. Tiroiditis 3. Penyakit plummer (toksik nodular goiter) 4. Adenoma toksis 5. dsb. Tidak ada pantangan khusus bagi penderita hipertiroid, akan tetapi hati-hati dalam mengknsum si obat batuk (pengencer dahak) , rumput laut, beberapa suplemen multivitamin  yang mungkin mengangung yodium dalam jumlah besar yang dapat berinteraksi dengan obat/upaya pengobatan antitiroid. Akan tetapi anda disarankan untuk konsumsi makanan bernutrisi tinggi, kaya vit D dan kalsium. Tiroid merupakan kelenjar yang normal pada tubuh sehingga kelenjar tersebut tidak bisa hilang. Tetapi jika yang anda maksudkan adalah apakah penyakit tiroid tersebut (hipertiroid) bisa hilang, maka yang dapat saya jawab adalah  hanya 30-50 % pasien hipertiorid yang benar-benar bisa sembuh dengan obat (kembali tergantung dari penyebab hipertiroidnya) sisanya akan membutuhkan terapi antitiroid seperti PTU atau metamizol dan penghilang gejala seperti propanolol. Selain obat terdapat beebrapa terapi alternatif lainnya : - penggunaan terapi yodium radioaktif - operasi tiroidektomi Penyakit tiroid membutuhkan penanganan yang berkelanjutan dari dokter spesialis penyakit dalam, sehingga saya menyarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter anda secara teratur. Anda dapat mengkonsultasikan mengenai terapi alternatif seperti yang saya sebutkan diatas dengan dokter jika memang memungkinkan. beberapa tautan yang dapat membantu anda : Penyakit tiroid diskusi lainnyaa: nilai hormon tiroid , pantangan penyakit gondok, gondok beracun Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Malam dok, menurut dokter dari RSUD tempat saya periksa, dokter tersebut bilang tiroid saya normal belum hipertiroid dan tidak sampai di operasi. Saya di kasih resep dokter obat PTU dan amoxicillin 500 mg. apakah benjolan dileher saya bisa hilang dok?? menurut sumber dari internet penderita penyakit tiroid dibatasi memakan dari bahan kedelai seperti tahu, tempe, dll , apakah itu benar?? Makasih dokter :),, Tuhan Memberkati.

    Hai Irene Dari hasil laboratorium menunjukan adanya kondisi hipertiroid. Biasanya gejala yang ditimbulkan antara lain:

    • Berdebar-debar
    • Mudah berkeringat
    • Tidak tahan panas
    • Tangan bergetar
    • Sering BAB
    • Badan kurus
    • Sering lapar
    • Pembesaran pada kelenjar tiroid (gondok) namun tidak selalu hipertiroid disertai dengan pembesaran kelenjar tiroid.
    Makanan tidak terlalu berpengaruh terhadap hipertiroid, namun yang sebaiknya dihindari antara lain:
    • Minuman mengandung kafein dan alkohol
    • Makanan yang mengandung kadar gula tinggi
    • Makanan yang biasanya mengakibatkan alergi, karena hipertiroid dapat mempermudah terjadinya alergi.
    Hipertiroid harus diberi penanganan dengan pengobatan penurun hormon tiroid, karena jika hipertiroid dibiarkan akan dapat membahayakan. Sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG tiroid bila diperlukan. Mengenai penyakit hipertiroid pernah kami bahas sebelumnya di komunitas alodokter.com, dapat Anda ikuti pada diskusi berikut ini: Bisakah gondok mengecil dan hilang dengan sendirinya? Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Malam dok, saya sudah memeriksakan penyakit ini ke penyakit dalam, dan dokterpun bilang ini masih normal, hanya T3 saja yang cukup tinggi dari hasil rujukannya. apakah saya harus check-up untuk mengetahui hasil perkembangan tiroid ini dok?? Terima kasih. Tuhan Memberkati.