Tanya Dokter

  • Apakah ini merupakan gejala yang timbul dari penyakit kelenjar tiroid?

  • Permisi, mau konsul dok. Sudah masuk bulan ke-6 saya sakit, dengan gejala yang saya alami, dimulai tidak bisa jalan. kaki terasa lemas, setengah badan ke bawah tidak bisa gerak setiap hari tapi kambuhan, gak full time. ada kalanya kalo lagi parah bisa semua badan gak bisa gerak, sampe kalo udah muntah baru ngeplong dari bulan pertama sampe bulan ke 3. Nah dari bulan ke 3 hingga sekarang paling dalam seminggu cuma 3-4 hari kambuhnya. tapi tetep dengan kambuhan, Biasanya malam hari. Saya cek ke rumah sakit cek darah, cek syaraf, cek tulang, rontgen paru-paru, tensi 12o semua normal, Bingung jadinya. Begitu masuk bulan ke-4 ada benjolan di leher, tepatnya di bawah jakun (bulan-bulan kemaren gak ada) kadang kecil kadang gede. Pernah cek elektrolit, jadi kelebihan natrium. Efek sekarang, jantung detak lebih kencang, suhu badan selalu panas, gemetar, sering bab, dan kalau lapar suka mau muntah. Berobat ke rumah sakitnya langsung ke ahli syaraf dan angkat tangan mau dikirim ke gurunya. Karna baru nemuin penyakit kaya gini, katanya kalau lumpuh gak kenal waktu, alias gak kambuhan. Sekatang bulan ke-6 ketika tadi cek ke dokter umum, katanya semua masalah tadi disebabkan dari kelenjar tyroid, harus cek ke ahli dalam, parahnya harus di bedah. Apa kelenjar tyroid sejahat itu kah? hehe Salam sukses untuk alodokter.

    Hai Gejala dari pembesaran kelenjar tiroid tergantung dari kadar hormon tiroid apakah meningkat atau tidak. Jika meningkat maka kondisi ini disebut sebagai hipertiroid, gejalanya antara lain:

    • Berdebar-debar
    • Sering berkeringat
    • Tangan bergetar
    • Tidak tahan panas
    • Cepat lelah
    • Mudah lapar dan sering disertai mencret
    • Sesak napas.
    Untuk memastikan adanya peningkatan kadar hormon tiroid atau tidak diperlukan pemeriksaan darah berupa T3,T4 dan juga TSH dan untuk memastikan apakah pembesaran tersebut berasal dari tiroid atau bukan dapat dilakukan pemeriksaan USG leher. Tidak semua pembesaran kelenjar tiroid memerlukan tindakan operasi. Pembesaran kelenjar tiroid yang kecil, dan tidak menimbulkan gejala apa-apa biasanya belum membutuhkan tindakan operasi, namun diperlukan monitoring terhadap benjolan tersebut dengan cara USG tiroid setiap 6 bulan sekali. Mengenai penyakit gondok (tiroid) dapat Anda baca pada ulasan berikut ini: Penyakit gondok (tiroid). Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william