Tanya Dokter

  • muncul pembengkakan di belakang telinga setelah demam

  •  Azizah Adjha
    Anggota

    Pagi dok.. dok saya mau tanya.. beberapa hari ini saya demam.. dan selama saya demam saya rasakan ada pembekakan di bawah dagu.. tapi ketika d tekan tidak keras.. namun setelah demam saya turun.. saya rasakan ada pembekakan lagi di belakang telinga dok.. tapi pembekakan ini ketika di pegang keras dan berbentuk bulat.. apakah itu termasuk kelenjer getah bening dok?

    Azizah Adjha  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat pagi, Kelenjar getah bening pada daerah leher terdapat di beberapa lokasi dan setiap kelenjar getah bening memiliki tugas nya masing-masing terhadap perlindungan area bagian tubuh tertentu. Penyebab pembesaraan kelenjar getah bening regional (atau hanya pada satu atau dua lokasi berdekatan) dapat disebabkan oleh infeksi baik bakteri atau virus, dan proses keganasan. Berikut dijelaskan mengenai yaitu :

    • Bawah dagu (submental)dan Bawah rahang (submandibula). Keduanya bertugas terhadap daerah mulut, mukosa, gusi dan gigi. Biasa terjadi pembengkakan pada kondisi infeksi pharyngitis, abses, herpes gingivostomatitis, dan masalah gigi lainnya.
    • Depan telinga (pre-auriculer), bertugas pada daerah konjuntiva mata, kelopak mata, kulit daerah pipi. Sering terjadi pembengkakan akibat infeksi pada daerah tersebut.
    • Belakang telinga (post-auriculer) hampir serupa dengan bagian occipitalis. Biasa membangkak pada infeksi virus seperti rubella, campak dan infeksi kulit daerah kepala.
    • Belakang kepala (occipitalis). Bertugas terhadap daerah kulit kepala. Pembengkakan pda kondisi infeksi kulit kepala, seperti pada dermatitis seboroik, tinea kapitis, gigitan serangga, pedikulosis, dll. Juga dapat terjadi akibat keganasan.
    • Leher depan dan belakang (cervikal anterior dan posterior) bertanggung jawab terhadap daerah lidah, mulut,telinga, kelenjar liur (parotid) serta struktur lebih dalam seperti pharing, laring dan tiroid. Penyebab pembengkakan dapat infeksi bakteri maupun virus dan keganasan. Sering terjadi pada anak kecil, dan paling sering adalah lokasi leher depan.
    • Daerah supraclavicula, bertanggung jawab terhadap daerah kepala, leher, dada, ketiak, lengan dan bagian perut. Pembengkakan daerah ini dapat akibat infeksi seperti tuberkulosis, histoplasmosis, dll atau keganasan pada daerah-daerah tersebut.
    Pembengkakan KGB karena infeksi, sering berhubungan dengan adanya riwayat atau gejala penyakit infeksi telinga, gigi, tenggorok (amandel, pharingitis) dan menghilang bersaman dengan sembuhnya infeksi. Selain itu pada perabaan benjjolan teraba halus, lunak/lembek, bergerak/tidak terfiksir, nyeri saat ditekan, kulit sekitar kemerahan. Sedangkan pada keganasan benjolan teraba keras, jelas, terfiksir lokasinya, tidak bisa digoyang-goyangkan, tidak nyeri pada penekanan. Untuk menentukan apakah benjolan merupakan pembesaran kelenjar getah bening atau bukan, tentu nya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mulai dari penggalian riwayat, pemeriksaan fisik serta pemeriksaan lain yang dibutuhkan. Sebaiknya periksa ke dokter agar dapat mendapat jawaban langsung sesuai kondisi anda. Sekian semoga dapat membantu. Artikle tentang pembesaran KGB: http://www.alodokter.com/pembengkakan-kelenjar-getah-bening/penyebab