Tanya Dokter

  • Terdapat benjolan kecil di leher kanan dan kiri

  •  Yuzuf Ahmad
    Anggota

    selamat Pagi Dokter yang Budiman

    saya boleh bertanya tentang ini penyakit atau bukan,, di leher kiri dan kanan di posisisi yang sama ada bulat2 kecil, itu baru saya sadari ditahun 2013. tidak sakit, apakah itu normal ada seperti itu dileher setiap orang, karna jika saya meraba leher orang lain ada yang seperti saya dan ada juga yang tidak punya sperti itu.

    Bapak Dokter, apakah kelenjer getah bening dileher itu bisa teraba atau tidak  ??

    Mohon bantuannya dok untuk membantu saya keluar dari kecemasan ini,,,

     

    nb, saya sudah berkali kali medical checkup tapi Alhamdulillah semua baik, FIT.

     

    terimakasih banyak banyak

     

    hormat saya

    Yusuf

     

    Yuzuf Ahmad  Yuzuf Ahmad
    Anggota

    selamat Pagi Dokter yang Budiman saya boleh bertanya tentang ini penyakit atau bukan,, di leher kiri dan kanan di posisisi yang sama ada bulat2 kecil, itu baru saya sadari ditahun 2013. tidak sakit, apakah itu normal ada seperti itu dileher setiap orang, karna jika saya meraba leher orang lain ada yang seperti saya dan ada juga yang tidak punya sperti itu. Bapak Dokter, apakah kelenjer getah bening dileher itu bisa teraba atau tidak ?? Mohon bantuannya dok untuk membantu saya keluar dari kecemasan ini,,,   nb, saya sudah berkali kali medical checkup tapi Alhamdulillah semua baik, FIT.   terimakasih banyak banyak   hormat saya Yusuf

    Halo, Benjolan pada leher belum tentu merupakan sesuatu yang abnormal. Kita bisa mencurigai ada suatu kelainan pada benjolan bila:

    • nyeri
    • tampak membesar seiring waktu
    • disertai gejala lain seperti demam atau gejala peradangan dan infeksi
    • disertai gejala sistemik lain seperti kehilangan berat badan, keringat dingin, badan selalu lelah, sesak napas
    Benjolan pada leher, paling sering merupakan kelenjar getah bening. Kelenjar betah bening yang normal ukurannya tidak lebih besar dari biji kacang polong. Bila tidak terdapat gejala yang disebutkan di atas dan sudah disertai pemeriksaan normal saat medical checkup kemungkinan kondisi tersebut merupakan hal yang normal. Kemungkinan penyebab benjolan yang abnormal diantaranya adalah: Bila ingin melakukan pemeriksaan, tindakan yang paling tepat adalah dengan melakukan biopsi yang bisa dilakukan oleh dokter bedah. Biopsi adalah pengambilan sampel jaringan untuk diperiksa secara laboratorium. Semoga membantu, terimakasih

    Yuzuf Ahmad  Yuzuf Ahmad
    Anggota

    tetap pada ukuran yang sama dari empat tahun yang lalu, karena di tahun 2013 baru saya menyadari adanya benjolan  kecil seperti ini.... Terimakasih Ibu Dokter, salam sehat.