Tanya Dokter

  • Keloid di payudara dan kaitan dengan kanker payudara

  •  Kilawatson
    Anggota
    Halo dokter, saya berumur 17 tahun dan pernah mengalami cacar atau chicken pox, sewaktu itu saya tidak sengaja mengelupas bekas cacar di area payudara kiri saya, dan sekarang itu menjadi keloid yang berjumlah 3 keloid. Apakah hal itu berpotensi menimbulkan kanker payudara? Apa yang harus saya lakukan untuk sekarang?

    Halo Kilawatson, 

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter. 

    Keloid merupakan salah satu jenis jaringan parut. Jaringan parut akan terbentuk jika suatu luka dalam proses penyembuhannya tidak optimal. Keloid akan muncul merupakan jaringan parut dengan bentuk yang mencembung atau melebihi bagian permukaan kulit yang luka, dan tidak jarang juga melebihi dari panjang dan lebar dari luka sebelumnya. Beberapa faktor dimana terjadi peningkatan terjadinya keloid adalah sebagai berikut: 

    1. Faktor genetik
    2. Bagian tubuh tertentu. 
    3. Adanya infeksi sekunder pada luka sebelumnya
    4. Nutrisi yang tidak cukup dan seimbang 
    5. kurangnya hidrasi tubuh
    6. Adanya kondisi medis tertentu. 

    Pada kasus Anda dimana terjadi keloid pada payudara bukan faktor resiko terjadinya kanker payudara. Kanker payudara adalah keganasan dari sel-sel yang membentuk payudara itu sendiri yaitu saluran atau kelenjar pada payudara. Untuk mendeteksi dini kanker payudara perlu dilakukan pemeriksaan rutin yaitu dapat dilakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) ataupun dengan melakukan konsultasi dan pemeriksaan dokter ataupun alat penunjang seperti USG atau mamografi. 

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi