Tanya Dokter

  • Cara mengatasi keloid karena luka bakar

  •  ismi salamah
    Anggota
    Malam dok, saya mau tanya di paha saya ada keloid karena luka bakar. Saya suka merasa gatal atau sakit pada keloid. Saya mau tanya kira2 gimana cara menghilangkan keloid itu dok ? Dan kenapa bisa terasa gatal atau suka terasa sakit ? Dan apakah untuk meredakan gatal atau sakit kita harus minum obat sesuai resep dokter atau ada cara lain dok ?. Tolong dijawab ya dok.. Terimakasih🙏🙏

    Halo ismi.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk anda, keloid merupakan kelainan kulit dimana terdapat jaringan kulit tambahan yang tumbuh di atas luka dan berwarna merah muda hingga coklat.

    Keloid dapat tumbuh pada Bekas luka dimanapun, namun paling sering terjadi di leher, kepala, dada, telinga, dan bahu. Timbulnya keloid memang dapat disertai dengan rasa gatal maupun sakit.

    Oleh karena keloid yang Anda alami sudah menimbulkan gejala yang mengganggu aktivitas sehari-hari, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit kulit, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Berikut ini beberapa penanganan yang umumnya dilakukan untuk mengatasi keloid, diantaranya adalah : operasi, injeksi kortison, penggunaan salep yang merangsang interferon dalam tubuh, penggunaan nitrogen cair untuk membekukan keloid, membalutkan keloid dengan gel berisilikon, dan lain sebagainya.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KELOID

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati