Tanya Dokter

  • penanganan bekas luka yang cekung kedalam akibat bisul

  •  gwen
    Anggota

    Dok mau nanya Pada saat sy sd kelas 2 ,sy mengalami bisul di rahang bwah yg berakibat gigi geraham bawah kanan sakit,, setelah bbrpa minggu mmbngkak dan mngluarkan nanah/darah styp makan telor or ayam pasti bngkak lagi kumat lg... Tetapi pda saat sy smp kelas 2 tdk prnah kumat lagi malah justru luka itu meninggalkan bekas hitam dan rahang saya bagian luar jd cekung kedalam ,sprti ada daging ygmngeras sprti keloid tp cekung kedalam tdk benjol keluar,,, ini pnykit apa ya?trus pnanganya gmn ?skrng saat sy umur25 sy baru sadar ini mngganggu pnmpilan sy, rahang jd cekung kedalam bekas bisul tsb.dan disitu kdang masi mnglurkan cairan yg nembus di gigi geraham bawah sy yg brlubang.

    Halo Gwen...... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa bekas luka yang Anda alami kemungkinan bukan mengarah ke keloid, karena keloid sendiri umumnya berupa penebalan pada bekas luka karena jaringan fibrosa yang terus menerus tumbuh. Bekas luka sendiri selain dapat membuat perubahan pada kulit seperti keloid, dapat pula menyebabkan bekas luka yang menonjol, bekas luka yang cekung atau bopeng, dll. Kondisi yang Anda alami karena sudah terjadi sejak lama, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis bedah plastik agar dilakukan serangkaian pemeriksaan kulit lebih lanjut. Dokter kemungkinan akan melakukan salah satu dari beberapa macam tindakan atau prosedur di bawah ini :

    • Mikrodermabrasi
    • laser
    • Suntikan steroid
    • pembedahan
    • dll.
    Jika setelah dilakukan penanganan, janganlah lupa untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, perbanyak makan sayur dan buah, serta minum yang banyak agar prosess penyembuhan berjalan dengan cepat. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : PENANGANAN BEKAS LUKA Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati