Tanya Dokter

  • Bekas luka cakar di kelopak bawah mata

  • Assalamualaikum dok, syaa mau nanya . Saya kan sering setiap pagi atau kapan gitu mengusap2 mata atau menggosoknya karna saya merasa mata saya seperti ada kotoran mata , lalu waktu sayankuliah , saya menggosok kelopak bawah mata saya kok ngerasa seperti ada goresan , seperti bekas luka di cakar gitu dok, kira2 itu kenapa ya? Apa kah itu cuman tergores biasa ? Atau ada hal lain? Tolong dijawab ya dok, soalnya saya khawatir sekali :( terima kasih . Wassalamualaikum.

    Terima kasih Juneti Eka Widia Ningsih atas pertanyaannya.

    Menggosok-gosok mata memang dapat menimbulkan luka lecet, karena kulit kelopak mata termasuk salah satu kulit yang tipis sehingga bila Anda menggosoknya terus menerus, dapat terjadi luka lecet.

    Sebenarnya, yang perlu Anda perhatikan adalah penyebab Anda menggosok-gosok mata Anda. Hal yang Anda rasakan ini sering terjadi pada orang dengan alergi sehingga mata terasa gatal atau ada kotoran. Keluhan ini biasanya muncul pada saat pagi hari atau saat banyak debu. Jika memang Anda alergi, maka Anda perlu menghindari faktor yang mencetuskan alergi tersebut.

    Dingin dan debu merupakan salah satu faktor pencetus alergi tersering namun sulit juga untuk dihindari. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter khususnya dokter spesialis mata untuk mengatasi hal ini. Jika memang alergi, maka Anda dapat diberikan anti alergi pada saat gatal.

    Menggosok-gosok mata sebaiknya tidak dilakukan karena dapat mengiritasi mata, terlebih lagi jika tangan Anda kotor. Mengenai goresan yang Anda alami juga tidak dapat saya pastikan tanpa melihat langsung. Anda dapat sekalian berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini.

    Anda dapat membaca artikel terkait:

    Mata gatal akibat alergi

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya