Tanya Dokter

  • Bekas luka cakar di kelopak bawah mata

  • Assalamualaikum dok, syaa mau nanya . Saya kan sering setiap pagi atau kapan gitu mengusap2 mata atau menggosoknya karna saya merasa mata saya seperti ada kotoran mata , lalu waktu sayankuliah , saya menggosok kelopak bawah mata saya kok ngerasa seperti ada goresan , seperti bekas luka di cakar gitu dok dan lumayan panjang dan goresan tersebut ada di kedua kelopak bawah mata saya . itu kira2 kenapa ya? Apa kah itu cuman tergores biasa karna sayansering menggaruk kelopak bawah mata saya? Atau ada hal lain? Tolong dijawab ya dok, soalnya saya khawatir sekali :( terima kasih . Wassalamualaikum.

    Halo Eka, 

    Goresan atau luka gores di bawah mata paling sering diakibatkan trauma kaerna graukan ataupun kebiasaan menggosok mata yang terlalu keras dan sering. Selain itu, luka gores juga bisa disebabkan gesekan kulit dengan permukaan tajam. Kondisi kulit yang tidak intak/ utuh biasanya menimbulkan gejala nyeri atau perih, terkadang bisa disertai dengan perdarahan yang keluar melalui luka tersebut. 

    Luka gores termasuk dalam luka dangkal karea hanya mengena lapisan teratas kulit (epidermis). Umumnya luka akan menyembuh sendiri dan tidak memerlukan penanganan khusus. Selama di rumah, Anda dianjurkan:

    - menjaga kebersihan luka dengan membasuh wajah di bawah air mengalir

    - hindari menggaruk atau menggosok area tersebut (rasa gatal terutama muncul ketika luka akan menyembuh)

    - bila disertai dengan pembengkakan area di sekitarnya, lakukan kompres dingina atau es

    Silahkan baca artikel mengenai perawatan luka lecet/ gores

    Selain luka gores, keluhan yang Anda alami juga harus dibedakan dengan lingkaran hitam di bawah kelopak mata yang juga bisa muncul karena menggosok mata terlalu keras. Silahkan baca artikel terkait di sini

    Bila keluhan tidak kunjung membaik, berkonsultasilah dengan dokter terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan di area tersebut secara langsung dan menentukan penyebab serta penanganan yang tepat, misalnya dengan obat oles.

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga membantu

    dr.Lili