Tanya Dokter

  • Kelopak mata sebelah menurun

  •  onengf
    Anggota

    Salam dok, saya wanita umur 22 tahun. Saya mengalami gangguan tidur sejak dua tahun yang lalu akibat sering begadang untuk mengerjakan tugas kuliah dan sejak saat itu jam tidur saya tidak teratur dan susah tidur sebelum jam 10 malam. Tanda lainnya juga terasa seperti kulit wajah terasa tidak kencang seperti kelopak mata sebelah kanan saya seperti turun tidak simetris dengan yang kiri. Apakah itu salah satu penyebab kurang tidur dan bagaimana mengatasinya. Terimakasih

    Halo,

     

    Jam tidur yang tidak teratur memang bisa ditimbulkan akibat kebiasaan Anda bergadang sebelumnya, dan umumnya bisa diubah dengan kembali mengubah kebiasaan bergadang Anda secara perlahan.

    Sementara kelopak mata yang asimetri (dengan catatan sebelumnya kelopak mata Anda simetri) umumnya tidak disebabkan karena kebiasaan bergadang. Kondisi ini perlu diperiksa dengan seksama agar bisa diketahui penyeban dan apakah benar kelopak mata Anda mengalami asimetri.

    Kondisi tersebut bisa disebabkan karena :

    1. Ptosis didapat.
    2. Gangguan saraf.
    3. Miastenia gravis.
    4. usia tua.
    5. Berkurangnya jaringan lemak kelopak mata.

    Memahami kondisi Anda memerlukan pemeriksaan ke dokter mata terlebih dahulu. Dengan tes fisik dan tes lain yang memadai maka dokter bisa menentukan penyebab dari kondisi kelopak mata Anda. Tatalaksana yang baik hanya bisa ditentukan setelah Anda memahami penyebab timbulnya keluhan tersebut.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi