Tanya Dokter

  • Penyebab keluar cairan berwarna putih dan kecoklatan pada usia kandungan 9 bulan

  •  Chiezt Aries
    Anggota

    siang dok,, saya sudah memasuki kehamilan 9 bulan dok,, HTP.nya tgl 13-09-15.. saat ini nyeri di punggung saya gak bisa di tahan dok, di buat tidur susah,,  kalau perut sudah terasa kencang di bagian bawah perut itu sakit dok,, lalu sakitnya hilang,, habis itu kencang lagi sakit lagi dok.. dan saya juga sudah keluar cairan dok,, kadang putih dan sekarang berwarna kecoklatan,, apa itu tanda persalinan sudah dekat dok,, tolong di balas ya dok... thx sebelumnya :)

    Hai, Berdasarkan tanggal taksiran persalinan maka saat ini usia kehamilan Anda adalah 37-38 minggu. Normalnya persalinan dapat terjadi pada usia kehamilan 37-42 minggu. Mendekati hari persalinan ada beberapa tanda yang terjadi pada tubuh ibu, di antaranya:

    • Nyeri punggung, sakit perut dan kram
    • Sulit tidur
    • Frekuensi berkemih meningkat
    • Keluar lendir kental bercampur darah. Lendir dapat berwarna bening, merah muda, atau bercampur darah. Lendir bercampur darah dapat merupakan tanda awal persalinan, namun tidak selalu demikian. Lendir ini dapat pula keluar setelah melakukan hubungan seksual atau pemeriksaan dalam (pemeriksaan vagina)
    • Kontraksi Braxton Hicks, sering pula disebut kontraksi palsu. Cirinya adalah pengencangan perut yang datang dan pergi. Kontraksi berlangsung selama 30-120 detik, dan dapat hilang ketika berpindah posisi atau relaks. Perbedaan dengan kontraksi sungguhan adalah kontraksi sungguhan berlangsung ritmis, semakin lama semakin kuat, dan jarak antar kontraksi semakin dekat.
    • Perubahan serviks/leher rahim menjadi lunak dan mengalami pembukaan
    • Pecahnya air ketuban, merupakan tanda awal terjadinya persalinan
    Jika kontraksi yang dialami semakin kuat dan semakin dekat jaraknya, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke Dokter untuk menilai adanya tanda awal persalinan. Persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan bagi persalinan seperti pakaian, perlengkapan mandi, perlengkapan bayi, selimut dan lainnya. Persiapkan benda-benda tersebut di satu tempat yang mudah dijangkau saat kondisi darurat dan hari persalinan tiba. Baca laman artikel berikut ini: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman