Tanya Dokter

  • Vagina mengeluarkan cairan putih setiap ingin berhubungan intim

  • Hallo,dok saya mau tanya. Setiap mau hubungan intim vagina saya kluar cairan putih dok... Dan kadang ada sdikit yg mnggumpal kecil"... Ini keputihan apa zat pelicin yg kluar alamiah dt dalam tbuh dok??

    Dear Try, Cairan yang keluar saat hubungan intim bisa berupa cairan lubrikasi alami tubuh maupun cairan keputihan. Cairan lubrikasi akan dihasilkan oleh kelenjar Bartholin yang terletak di bawah kiri dan kanan pembukaan vagina. Cairan ini akan dihasilkan saat rangsangan seksual diterima sehingga membuat vagina menjadi lembab untuk memudahkan penetrasi. Keputihan adalah usaha normal tubuh untuk mengeluarkan sisa-sisa sel vagina yang mati dan bakteri normal yang ada di dalamnya. Keputihan bisa terjadi kapan saja, bisa merupakan keputihan yang normal maupun tidak normal. Keputihan yang normal memiliki ciri-ciri berwarna bening atau keputih-putihan, tidak gatal, tidak berbau, tidak menimbulkan perih pada vagina dan nyeri perut. Keputihan yang tidak normal dapat disebabkan oleh:

    Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter agar dicari penyebab yang paling sesuai. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin menganjurkan pemeriksaan penunjang seperti analisis cairan keputihan jika perlu. Dokter akan menegakkan diagnosis dan memberikan terapi yang tepat. Berikut anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • jaga selalu kebersihan organ intim
    • bersihkan organ intim dengan membasuhnya dari arah depan ke belakang
    • gunakan celana dalam yang menyerap keringat dan tidak ketat
    • ganti celana dalam yang terasa basah dan lembab
    • kurangi penggunaan pembersih daerah kewanitaan dan panti liners
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Keputihan Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya