Tanya Dokter

  • Keluar cairan putih kekuningan dari vagina namun tidak berbau

  •  iappai
    Anggota
    Dok temen saya mengeluarkan cairan putih kekuningan tidak begitu kental dan tidak berbau sama sekali tapi banyak dan sedikit gatal di vaginanya . Ini cairan apa dok? Apa ada sangkut pautnya dengan penggunaan postinor? 3 hari sebelum ini temen saya minum postinor karena untuk mencegah terjadinya pembuahan karena sebelumnya saya mengeluarkan sperma di dalam

    Halo iappai.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang dialami oleh teman Anda kemungkinan mengarah ke yang orang awam sering menyebutnya sebagai keputihan, dimana hal ini memegang peranan penting bagi sistem reproduksi wanita sebagai proses Pembuangan cairan yang dihasilkan kelenjar di dalam serviks dan vagina.

    Keputihan yang dikategorikan normal mempunyai ciri : warnanya bening atau sedikit keputihan, tidak menimbulkan rasa gatal atau perih pada organ intim, tidak menemukan rasa sakit pada perut bagian bawah, tidak menemukan bau yang tidak sedap.

    Oleh karena keputihan yang dialami teman Anda sudah timbul rasa gatal, kemungkinan keputihannya mengarah ke kategori tidak normal, dimana hal ini dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi, diantaranya adalah : infeksi jamur, penyakit menular, infeksi bakteri, dan lain sebagainya.

    Kami sangat menyarankan kepada teman Anda, segeralah menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, agar teman Anda dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang diketahui.

    Tips untuk teman Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang ditemui nantinya, selalu jaga kebersihan organ intim, pakai celana dalam yang Longgar dan terbuat dari bahan Katun, cebok dari depan ke belakang setelah buang air kecil atau buang air besar, hindari mengaplikasikan bahan bahan kima apapun ke organ intim seperti parfum / lotion/ bedak / deodoran.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KEPUTIHAN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati