Tanya Dokter

  • Penyebab keluar darah menggumpal saat haid

  •  Febry Pratama
    Anggota

    Halo dok, umur saya 20tahun, saya baru menikah, seminggu sebelum menikah saya melakukan suntik kb 1bulan, dan di lanjut suntik kb 1bulan dibulan berikutnya, dan saya tidak mengalami haid, saya diharuskan kb tanggal 30september lalu namun saya tidak melanjutkan nya karna ingin memiliki momongan, lalu tanggal 2oktober saya haid, tanggal 3 nya darah lumayan banyak namun ada yang keluar seperti daging berserat putih dan bentuk nya seperti kantung namun bagian atas nya sobek, apakah itu janin dok?
    Mohon penjelasan nya,terima kasih.

    Febry Pratama  Febry Pratama
    Anggota
    Maaf dok mksud saya diharuskan kb tanggal 30oktober, namun saya tidak kb lagi, dan haid pada tanggal 2november, maaf kesalahan pengetikan dok

    Hai Febry,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Setelah berhenti menggunakan KB suntik 1 bulan, kesuburan bisa kembali dalam waktu yang cukup singkat, berbeda jika yang Anda gunakan adalah KB suntik 3 bulan. Karenanya, jika Anda melakukan hubungan seksual setelah berhenti KB, maka potensi kehamilan tentu ada.

    Keluarnya perdarahan yang banyak disertai gumpalan mirip daging berselaput mungkin saja terjadi karena keguguran (abortus). Kondisi ini umumnya akan disertai dengan kram perut yang cukup hebat, lebih hebat dari nyeri menstruasi biasa. Selain itu, perdarahan pun umumnya akan berlangsung lebih lama dari durasi menstruasi biasa.

    Namun, selain karena keguguran, bisa juga perdarahan tersebut merupakan bagian dari menstruasi yang normal. Darah menstruasi bisa keluar lebih banyak dan lebih kental menyerupai daging apabila sebelumnya Anda mengalami keterlambatan menstruasi, sehingga darah membeku di dalam.

    Untuk membedakan kedua kondisi ini, diperlukan pemeriksaan obyektif, tidak cukup hanya dengan mengamati karakteristik darahnya saja. Sebaiknya, Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG (ultrasonografi). Jika benar disebabkan oleh keguguran, maka akan dinilai juga apakah masih ada sisa jaringan yang tertinggal di rahim. Jika ada, dokter mungkin akan meresepkan obat atau menyarankan Anda menjalani kuret.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah