Tanya Dokter

  • Keluar darah di luar masa mentruasi

  •  Eka
    Anggota

    Assalamualaikum sy eka 22 th belum menikah dan blm pernah melakukan hub suami istri. Dan sekarang sya sdang kuliah praktika di rumah sakit. Satu minggu sblum haid pda bln 9 sya kluar drah berwarna coklat tua slama 5-6 hari sblum akhirnya menst dan menstruasi tgl 11-12 september. Kmudian skrng tgl 2-3 oktober sya kluar drah sdikit yang tgl 2 itu sedikit. yang tgl 3 itu lbih bnyqk dri yg kmren dan sdkit ada selaput2nya gtu dok. Yang ingin saya tanyakan hal seperti itu itu termasuk hal yang bagaimana dan seperti apa solusinya.? APa ada yang slah dgn diri saya apa bagaimana? trimakasih dok. SY tunggu jawabanya.

    Waalaikumsalam Eka, Terima kasih atas pertanyaannya. Menstruasi merupakan siklus alami wanita yang terjadi setiap 21-35 hari berupa keluar darah melalui vagina selama 3-7 hari akibat luruhnya dinding rahim, volume darah yang keluar rata-rata sekitar 3 sendok makan dalam sehari. Pola menstruasi setiap wanita dapat berbeda, namun apabila masih berada pada rentang penjelasan di atas, maka dapat dikatakan memiliki pola menstruasi yang normal. Apabila Kamu mengalami perdarahan vagina di luar masa menstruasi, tentunya hal ini perlu diwaspadai, berikut beberapa kemungkinan yang terjadi:

    Alangkah baiknya jika saat ini Kamu memeriksakan diri ke Dokter Kandungan agar dapat dilakukan anamnesis (tanya jawab keluhan), pemeriksaan fisik, bila perlu pemeriksaan penunjang seperti USG. Setelah diketahui penyebab yang mendasari keluhan maka dapat diberi penanganan yang sesuai. Tingkatkan asupan makanan yang mengandung zat besi seperti ikan kembung, hati sapi, sayuran hijau, kacang-kacangan, banyak minum, istirahat yang cukup, kelola stres psikis merupakan hal yang dapat dilakukan sementara ini. Demikian semoga bermanfaat, dr.Annes