Tanya Dokter

  • Keluar darah dari gusi

  •  Owlie
    Anggota

    Hi dok, kenapa saat saya sangat marah sampai keluar darah dari gusi lumayan banyak? Apakah ada hubungannya dengan hipertensi dan konsumsi obat tidur ? Karena biasanya saya 1minggu sekali konsumsi obat tidur. Apakah berbahaya? Thank you

    Hai, Berdarahnya gusi Anda mungkin lebih berkaitan dengan masalah kesehatan rongga mulut itu sendiri ketimbang masalah emosi atau tekanan darah tinggi. Tergantung jenis obat tidur yang Anda konsumsi, salah satu efek sampingnya mungkin menyebabkan masalah gusi. Berkonsultasi langsung dengan Dokter yang memberi Anda obat tidur ini akan sangat membantu. Perlu diketahui bahwa obat tidur seyogianya hanya bisa diperoleh dengan resep Dokter dan penggunaannya harus diawasi oleh Dokter guna mencegah ketergantungan obat. Berikut kemungkinan penyebab gusi berdarah:

    • Gingivitis - yaitu radang pada gusi yang biasanya bersifat kronis (sudah menahun), biasanya disebabkan karena kebersihan rongga mulut yang kurang baik / kebiasaan gosok gigi yang kurang tepat
    • Gangguan perdarahan - misalnya akibat efek obat pengencer darah atau kelainan pembekuan darah
    • Efek samping obat
    • Penyakit autoimun - yaitu daya tahan tubuh secara keliru menyerang tubuh kita sendiri, salah satunya pemphigoid
    Anda sebaiknya mengunjungi Dokter Gigi untuk mengonsultasikan kondisi gusi berdarah Anda dan membiasakan diri untuk check-up kesehatan gigi secara rutin, setidaknya 6 bulan sekali. Sedangkan mengenai obat tidur yang Anda pakai setiap minggu, setidaknya juga perlu dikontrol dengan Dokter, dengan harapan kebutuhan obat tidur bisa ditekan sampai bebas obat. Jangan lupa untuk kontrol selalu hipertensi Anda guna mencegah komplikasinya. Artikel berikut membahas cara merawat dan menggosok gigi dengan baik. Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma