Tanya Dokter

  • Keluar darah sedikit di saat hamil 2 bulan

  •  Nur
    Anggota
    Dok saya mau tanya pada kehamilan saya di usia 2 bulan sya mengeluarkan darah tapi darah itu sedikit. Tapi tidak terasa sakit di perut kenapa ya, dan apa penyebab nya

    Halo Nur.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan berupa keluarnya darah pada saat hamil muda atau tiga bulan pertama, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah : setelah berhubungan, infeksi pada organ intim, perubahan hormon, ancaman keguguran, hamil anggur, kehamilan ektopik atau hamil diluar kandungan, dan lain sebagainya.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara : 

    • Berbaring dan minimalisir waktu berdiri dan berjalan.
    • Minta izin tidak masuk jika Anda masih bekerja.
    • Hindari menggunakan pembersih Kewanitaan.
    • Hindari berhubungan seksual saat hamil selama kendaraan berlangsung.

     

    Apabila setelah Anda melakukan cara - cara diatas, pendarahan masih saja berlangsung dan semakin banyak, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa macam pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes urin, USG khusus obsgyn, dll. Sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    PENDARAHAN PADA SAAT KEHAMILAN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati